Beranda Edukasi Pondasi Seorang Trader Profesional

Pondasi Seorang Trader Profesional

115

Pondasi Seorang Trader Profesional

Pondasi Seorang Trader Profesional – Trader professional biasanya memiliki jalannya masing-masing saat berproses, sudah memiliki sistem trading yang baik dan memiliki pondasi psikologi yang kokoh. Berikut pondasi seorang trader professional.

Sistem Trading

Money Management (MM)

Trader professional pasti memiliki money management yang sudah ditetapkan dan disesuaikan dengan risk (resiko) pribadi berdasarkan kenyamanan, serta konsisten memperhitungkan MM sebelum mulai bertransaksi.

Ketajaman Dalam Analisa

Setiap melakukan Analisa dimarkets entah itu berdasarkan teknikal atau fundamental, trader professional tidak akan terburu-buru dalam pengambilan keputusan, mau beli atau jual akan selalu diputuskan berdasarkan data dan berprilaku objective.

Konsisten Dengan Trading Plan

Trader professional akan selalu konsisten dalam menjalankan trading plannya, dan tidak akan melakukan transaksi jika tidak ada data atau menemukan pola secara teknikal yang sesuai dengan trading plan.

Pondasi Psikologi

Keyakinan

Trader professional memiliki keyakinan yang kuat dengan keputusannya dan percaya dengan sistem tradingnya, serta membiarkan transaksi berjalan dengan semestinya. Semua itu karena datang dari pengalaman dalam menguji sebuah sistem trading berulang kali sampai hafal dengan probabilitasnya dan sudah memiliki pengalaman dalam bertransaksi.

Disiplin

Kedisiplinan sangat penting dalam trading karena dapat menentukan pertumbuhan baik pada balance, trader professional tidak akan sekalipun melanggar aturan trading plannya walau dalam kondisi transaksi yang sedang floating minus atau floating profit.

Kontrol Emosi

Emosi seorang trader professional tidak akan mudah dipermainkan oleh markets, walau sudah terkena loss berkali-kali, ia akan senantiasa yakin dan disiplin dengan system tradingnya dan akan tetap memakainya tanpa ragu sedikit pun.