Beranda Technology Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI

Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI

201
Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI
Foto ELSA: AI Learn & Speak English By Google Playstore

Tutorial Tata Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI? Bahasa Inggris telah menjadi bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia, mencapai sekitar 1,35 miliar orang. Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, bahasa Inggris juga semakin berkembang di berbagai belahan dunia.

Jika kita sering bersinggungan di dunia teknologi, maka Bahasa Inggris bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita. Apalagi saat ini, dengan hadirnya teknologi kecerdasan buatan atau ai yang mulai masuk dalam setiap sendi-sendi kehidupan manusia.

Kunci utama dari pemakaian AI adalah pada PROMPT atau PERINTAHNYA. Kalau perintah yang kita berikan kepada AI itu bagus, hasil yang diberikan juga akan maksimal, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Download Aplikasi TikTok

Nah, sebagian besar teknologi AI yang sudah ada sekarang ini, hanya menyediakan prompt atau perintah versi Bahasa Inggris saja. Adapun yang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, hasilnya tidak akan sebagus kalau kita membuat perintah dalam bahasa Inggris.

Al hasil kalau tidak menguasai bahasa inggris dengan baik, kita berpotensi ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang pesat, khususnya teknologi artificial intelligence.

Nah, kalau dulu untuk belajar bahasa inggris kita harus jauh-jauh pergi ke kursus, membeli tumpukan buku bahasa inggris, kamus atau metode-metode lama yang tentunya menguras kantong dan tenaga. Sekarang ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, kita dapat belajar bahasa inggris kapanpun dan dimanapun dengan efektif.

Baca juga: 5 Aplikasi Camera Terbaik Hasil Memukau

Salah satu aplikasi terbaik yang dapat membantu mengasah kemampuan berbahasa Inggris adalah Elsa Speak. Elsa Speak telah dilengkapi dengan fitur terbaru yaitu Elsa AI, yang menggunakan kecerdasan buatan dan speech recognition pada teknologinya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk belajar bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI

Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI

Mari kita kupas secara lengkap cara pemakaian fitur Artificial Intelligence pada aplikasi ELSA.

Langkah 1: Unduh dan Pasang Aplikasi Elsa Speak AI

Langkah pertama untuk memanfaatkan kekuatan Elsa AI adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi Elsa Speak di ponsel pintar atau tablet Anda.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS dan bisa dengan mudah ditemukan di toko aplikasi masing-masing.

Setelah terpasang, buka aplikasi untuk memulai petualangan bahasa Inggris Anda.

Baca juga: Cara Memverifikasi Kepemilikan Situs Web

Langkah 2: Buat Akun Elsa Speak Anda

Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI
Foto Ilustrasi: Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI

Untuk mengakses fitur Elsa AI dan pengalaman belajar yang dipersonalisasi, Anda perlu membuat akun di dalam aplikasi. Cukup ikuti petunjuk di layar untuk membuat profil Anda dan pilih preferensi bahasa Anda. Informasi ini akan membantu Elsa AI menyesuaikan pelajaran dan latihan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan Anda.

Langkah 3: Daftarkan Akun Elsa AI

Setelah membuat akun Anda, buka bagian Elsa AI di dalam aplikasi. Daftarkan akun Elsa AI di link berikut https://elsaspeak.com/en/elsa-ai-early-access

Dengan begitu kalian akan mendapatkan Elsa AI lebih awal sebelum tersedia di premium.

Langkah 4: Buka Elsa AI

Buka menu dengan icon teropong (menemukan). Dan pada jenis permainan kalian akan menemukan fitur ini di tampilkan dengan jelas karena merupakan salah satu daya tarik utama dari aplikasi Elsa Speak.

Klik ikon Elsa AI untuk mengakses fungsionalitasnya.

Langkah 5: Pilih Role Plays

Hal yang istimewa dalam ELSA AI adalah kita bisa membuat skenario atau situasi kita sendiri (role play) untuk dijadikan topik obrolan dengan Generative AI dan Speech Recognition.

Ada beberapa skenario yang sudah di sediakan oleh ELSA AI. Kamu dapat memilih salah satu atau membuat skenario sendiri yang kamu inginkan.

Baca juga: 10 Keuntungan Belajar Ngeblog

Langkah 6: Mulai Berbicara dengan Elsa AI

Cara Menggunakan Aplikasi Elsa Speak AI

Sekarang setelah kalian mengatur preferensi perintah, kalian bisa mulai berbicara dengan Elsa AI. Untuk memulai percakapan, ketik atau ucapkan perintah dalam Bahasa Inggris, dan Elsa AI akan segera meresponsnya.

Berinteraksilah dengan Aplikasi Elsa Speak AI secara alami, bertanya, dan meminta penjelasan layaknya kalian berbicara dengan manusia.

Langkah 6: Ringkasan Penilain

Setelah role-play selesai dengan Aplikasi Elsa Speak AI, kita akan mendapatkan feedback berupa pronunciation, grammar dan vocabulary.

Dalam ketiga aspek itu, kita akan di nilai apakah kemampuan bahasa Inggris kita beginner, intermediate, advanced, atau native.

Kalian juga dapat melihat secara detail kesalahan dan bagian mana dalam percakapan dengan Elsa AI yang perlu di perbaiki.

Keren, bukan? Elsa AI adalah teman terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat mengenai Elsa AI, sebuah teknologi revolusioner untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk terus belajar Bahasa Inggris.