Beranda Berita Peristiwa Aturan Publisher Rights Sudah Final

Aturan Publisher Rights Sudah Final

306
Aturan Publisher Rights Sudah Final
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Usman Kansong (Foto: Kementerian Kominfo/kominfo.go.id)

MataJatim – Aturan Publisher Rights Sudah Final, Google Cs Wajib Bagi Hasil. Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami.

Jangan lupa follow akun Instagram, TikTok, Youtube Matajatim agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar ekonomi, keuangan, teknologi digital dan investasi.

Berikut berita selengkapnya yang kami kutip dari berbagai media berita terpercaya.

Baca juga: Mengatasi Penolakan Google Adsense

Aturan Publisher Rights Sudah Final

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan bahwa rancangan Peraturan Pemerintah tentang Hak Penerbit di Indonesia telah mencapai tahap final.

“Dokumen mengenai Hak Penerbit sudah final. Kemarin, kami menerima beberapa masukan dari berbagai platform. Kami tetap terbuka dan menerima masukan dari platform,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong, di Jakarta pada Jumat (24/11).

“Meskipun begitu, tidak semua masukan dari platform di masukkan. Secara keseluruhan, isi dokumen relatif tidak berubah.”

Usman menyebut bahwa masukan dari platform digital lebih berkaitan dengan pemilihan kata yang di gunakan dalam Perpres.

Mereka berkeinginan agar pemilihan kata-kata tersebut lebih halus. Meskipun demikian, menurutnya, hal ini tidak menjadi masalah karena tidak mengubah makna yang terkandung dalam dokumen.

Dia menjelaskan bahwa setelah Perpres di tandatangani oleh Presiden Joko Widodo, media akan memiliki “kekuatan” untuk menuntut platform yang menggunakan kontennya untuk berbagi pendapatan.

Dengan adanya Aturan Publisher Rights ini Platform tidak lagi dapat dengan bebas mengambil berita dari media.

“Platform yang ingin menggunakan berita harus menjalin kerja sama, tidak dapat mengambil begitu saja. Kerja sama ini di lakukan dalam posisi yang setara, di mana media dapat memperoleh fee dari platform,” tegas Usman.

Baca juga: 5 Aplikasi Camera Terbaik Hasil Memukau

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa meskipun beberapa platform mungkin tidak setuju dengan peraturan ini, keputusan ini di anggap sebagai langkah maju dan tidak akan menunggu persetujuan mereka.

“Yang terpenting bagi kami adalah partisipasi yang bermakna. Kami telah mendengarkan dan mempertimbangkan masukan mereka, serta memberikan penjelasan.

Sebuah aturan pasti tidak dapat memuaskan semua pihak. Oleh karena itu, kami tidak perlu menunggu persetujuan mereka. Kami akan terus melangkah,” ucapnya.

Usman berharap bahwa Perpres “Hak Penerbit” dapat di implementasikan pada akhir tahun ini dan menjadi hadiah istimewa bagi insan pers menjelang peringatan Hari Pers pada bulan Februari tahun depan.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Blogger Pemula

Demikian informasi tentang Aturan Publisher Rights Sudah Final ini, semoga bermanfaat.

Sumber: antara/jpnn

DISCLAIMER

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami rangkum dari sumber terpercaya dan di publikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang di lakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs ini adalah merupakan tanggung jawab mereka pribadi.