Beranda Edukasi Memperbaiki Peringkat Artikel Blog di SERP

Memperbaiki Peringkat Artikel Blog di SERP

352
Memperbaiki Peringkat Artikel Blog
Foto Ilustrasi: Strategi Jitu Memperbaiki Peringkat Artikel Blog di SERP

Matajatim.ID – mengulas dan memberikan edukasi yang efektik untuk blog kalian tentang strategi jitu memperbaiki peringkat artikel blog di Serp.

Menjadi yang terbaik di serp / mendapatkan posisi bagus di halaman utama mesin pencari adalah impian semua blogger baik di indonesia maupun dunia.

Namun sayangnya tidak sedikit di negeri yang tercinta ini masih ada blogger yang menghalalkan segala macam cara untuk meraih harapan mereka.

Salah satunya adalah dengan mengambil artikel dari situs lain dan memperoleh peringkat terbaik di pencarian, dengan harapan bisa ikut sukses mendapatkan banyak traffik organik dari mesin pencari.

Abaikan saja hal-hal baru seperti diatas, karena semua rezeki sudah ada yang mengaturnya dan mereka yang memiliki kesempatan yang sama dengan kita tentunya nilai penghasilnnya akan tetap berbeda dari kalian yang membuat konten secara berkala.

Memperbaiki Peringkat Artikel Blog

Memperbaiki peringkat artikel blog kalian di halaman hasil mesin pencari (SERP) adalah langkah penting dalam meningkatkan visibilitas dan trafik situs web yang kalian kelola.

Nah untuk itu berikut ini adalah beberapa strategi jitu untuk membantu kalian mencapai tujuan tersebut:

Baca juga: Cara Menanam Backlink Sederhana

Penelitian Kata Kunci:

  • Hal pertama adalah Lakukan penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang sesuai dengan topik artikel situs kalian.
  • Gunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Ahrefs untuk mendapatkan ide kata kunci yang populer dan memiliki volume pencarian yang tinggi.

Konten Berkualitas:

  • Pastikan konten artikel kalian dapat diterima dengan baik dan informatif, berkualitas, serta relevan dengan kata kunci yang kalian targetkan.
  • Buat artikel yang lebih mendalam dan komprehensif dari pesaing blog kalian.

On-Page SEO:

  • Jangan lupa untuk mengoptimalkan judul artikel, deskripsi meta, URL, dan penggunaan kata kunci dalam konten kalian.
  • Gunakan header (H1, H2, H3) untuk membantu mesin pencari memahami struktur artikel Anda.
  • Sertakan gambar dan multimedia dengan tag alt yang relevan.

Optimalisasi Kecepatan Halaman:

  • Pastikan situs web Anda memuat dengan cepat. Kecepatan halaman yang lambat dapat merusak peringkat SERP.
  • Kompres gambar, gunakan cache, dan pertimbangkan penggunaan Content Delivery Network (CDN) untuk mempercepat waktu pemuatan halaman.

Backlink Building:

  • Dapatkan tautan balik dari situs web berkualitas dan otoritatif yang relevan dengan topik situs kalian.
  • Jangan terlalu fokus pada jumlah tautan balik atau backlink, tetapi pastikan mereka berasal dari sumber yang dapat di percaya.

Promosi di Media Sosial:

  • Bagikan artikel Anda di platform media sosial untuk meningkatkan visibilitas dan trafik.
  • Gunakan tagar dan tautan pendek yang mudah dibagikan.

Mobile Optimization:

  • Pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk perangkat mobile. Google memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk situs yang responsif.

Analisis Data:

  • Gunakan alat analisis web seperti Google Analytics untuk melacak kinerja artikel Anda.
  • Identifikasi tren dan area di mana Anda dapat memperbaiki.

Optimalkan Pengalaman Pengguna:

  • Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi dan memberikan pengalaman pengguna yang baik.
  • Hindari penggunaan pop-up yang mengganggu atau iklan yang berlebihan.

Update Blog Secara Berkala:

  • Perbarui artikel lama Anda secara berkala dengan informasi terbaru. Google suka konten yang di perbarui secara teratur.

Tingkatkan peringkat artikel blog Anda di SERP memerlukan kesabaran dan kerja keras. Gunakan strategi di atas secara konsisten dan evaluasi hasilnya secara berkala untuk melihat perbaikan.

Baca juga: Tips Supaya Backlink Cepat Terindeks

Memperbaiki Artikel di Mesin Pencari

Memperbaiki Peringkat Artikel Blog

Dikutip dari situs blogtipsintrik.com, Ini adalah salah satu strategi yang sangat menarik kita bahas pada artikel kita kali ini, sehingga kedepannya mampu kalian aplikasikan di blog yang kalian kelola.

Ada beberapa poin penting keterangan lengkapnya dari cuplikan paragraf diatas sebagai berikut:

Lapor DMCA

Jangan serta merta kalian beranggapan kalau posisi serp artikel blog kalian merosot atau hilang di pencarian itu, karena telah di publikasikan ulang oleh blogger lain. Jadi pastikan terlebih dahulu apa masalahnya.

Kalau memang benar banyak web lain yang telah mempublikasikan ulang konten andalan sahabat, maka tentu saja langkah pertama yang harus kalian tempuh melaporkan website tersebut ke Google DMCA supaya efek plagiatnya tidak berpengaruh pada artikel yang telah mereka comot, dengan cara ini biasanya posisi/ peringkat artikel di pencarian secara berangsur akan pulih. Bahkan bisa jadi tambah kuat.

Melakukan Perubahan Pada Artikel

Edit konten yang menjadi korban AGC (Copy Paste /Plagiat), cara ini terbukti sangat ampuh untuk menuntaskan masalah di atas.

Selain artikel kita jadi unik kembali, blog kita jadi lebih up to date. Dan yang pastinya tidak peduli seberapa banyak mereka mempublikasikan ulang artikel kalian selama ini, posisi di SERP tidak akan pernah sebaik artikel kita yang original.

Karena yang mereka punya hanya konten saja, sedangkan artikel kita punya banyak amunisi, seperi backlink.

Ingat sebelum kalian menerapkan strategi ke dua ini, kalian pastikan dulu kalau laporan yang kalian buat sudah membuahkan hasil, kalau tidak semua laporan akan sia-sia.

Menambah Backlink

  • Menambah backlink adalah salah satu cara dalam memperbaiki peringkat artikel blog kalian.
  • Cara ini juga mampu menambah power situs kalian untuk bersaing secara sehat dengan situs populer lainnya yang menargetkan kata kunci atau membahas artikel yang sama.
  • Tapi kawan-kawan juga harus ingat, tidak semua backlink itu baik untuk kesehatan blog, karena ada juga yang malah bisa membuat kepercayaan mesin pencari pada blog kita malah merosot loh.
  • Jadi berhati-hatilah saat membuat backlink. Utamakan kualitas backlink, bukan kuantitas.

Update Artikel Secara Berkala

  • Menambah serta memperbarui artikel blog kalian akan mampu memberikan pengalaman yang baik untuk mesin pencarian.
  • Oleh karena itu usahakan untuk rutin memposting artikel baru yang terkait dengan artikel yang mau di perbaiki.
  • Kami menyarankan untuk membuat 3 judul postingan yang memiliki kata kunci di setiap harinya untuk memperbaiki peringkat artikel.

Submit Ulang ke Google Webmaster

Google Webmaster, yang sekarang di kenal sebagai Google Search Console, adalah alat yang di sediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memahami dan mengelola cara situs mereka muncul dalam hasil mesin pencari Google (SERP).

Penggunaan Google Search Console adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari Google.

Dengan memahami cara alat ini bekerja dan menggunakan data yang diberikan, Anda dapat memperbaiki situs Anda dan meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

Dengan mengirim ulang setiap artikel akan memperbaiki hasil pencarian yang lebih maksimal, karena situs kita akan di preoritaskan secara umumnya.

Penutup

Demikianlah strategi jitu memperbaiki peringkat artikel blog di SERP yang bisa kalian coba terapkan, buktikan dan lihat hasilnya.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
blogtipsintrik.com
beasiswa.matajatim.id
bungomedia.co.id