Beranda Edukasi Cara Menghemat Daya Listrik

Cara Menghemat Daya Listrik

282
Cara Menghemat Daya Listrik
Foto Ilustrasi Cara Menghemat Daya Listrik

Matajatim.id adalah Media Berita Edukasi menyajikan peristiwa dan tata cara menghemat daya listrik untuk perumahan maupun kantoran di wilayah kerja anda.

Bagi beberapa kalangan masyarakat, mungkin biaya tambah daya listrik bukanlah hal yang terjangkau. Padahal kebutuhan daya listrik mereka cukup banyak.

Anda bisa terapkan langkah-langkah berikut ini untuk menghemat daya listrik dan tidak perlu repot membayar biaya tambah daya listrik:

Cara Menghemat Daya Listrik

  • Matikan lampu saat tidak digunakan.
  • Ganti lampu pijar dengan LED. Lampu LED memang lebih mahal, tapi dapat menghemat biaya listrik dalam jangka panjang dan tahan lama.
  • Gunakan AC pada suhu sedang, seperti 23-25° C
  • Cabut kabel dan semua peralatan elektronik saat tidak digunakan.
  • Desain rumah dengan ventilasi udara yang baik, rindang, dan memiliki banyak pencahayaan alami, agar Anda dapat mengurangi penggunaan lampu dan AC.
  • Gunakan energi alternatif, misalnya panel surya.

Itulah ulasan lengkap tentang cara dan biaya tambah daya listrik. Apakah rumah tangga Anda termasuk salah satu yang membutuhkan penambahan juga?

Jika iya, pastikan Anda memenuhi persyaratan dan mengikuti langkah yang tepat. Ketahui juga biaya tambah daya listrik sesuai kebutuhan sebelum Anda mengajukan penambahan.

Baca Juga: Biaya Tambah Daya Listrik PLN 2023 Terbaru

Cara Menghitung Biaya Listrik

"Cara

Salah satu cara menghemat pemakaian listrik dan menghindari biaya tambah daya listrik adalah dengan menghitung terlebih dahulu pengeluaran listrik Anda.

Dengan demikian Anda jadi tahu harus mempersiapkan dana berapa, juga melakukan penghematan jika perlu. Anda bisa coba kalkulator listrik secara online untuk menghitungnya.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Online Khusus Pemula

Kalkulator ini akan menghitung berdasarkan golongan tarif listrik dan batas daya listrik rumah Anda. Anda juga harus tahu estimasi pemakaian listrik dalam sehari.

Caranya, catat semua perabotan rumah tangga yang menggunakan listrik, daya masing-masing perabot dalam Watt dan total jam penggunaannya.

Itulah ulasan lengkap tentang Cara Menghemat Daya Listrik. Apakah rumah tangga Anda termasuk salah satu yang membutuhkan penambahan juga?

Jika iya, pastikan Anda memenuhi persyaratan dan mengikuti langkah yang tepat. Ketahui juga biaya tambah daya listrik sesuai kebutuhan sebelum Anda mengajukan penambahan.

Baca juga: Air Flex News Blogger Template