Beranda Edukasi Masalah Cakupan Indeks Google Search Console

Masalah Cakupan Indeks Google Search Console

209
Masalah Cakupan Indeks Google Search Console
Masalah Cakupan Indeks Google Search Console

Masalah Cakupan Indeks Google Search Console – Belakangan ini banyak sekali errors yang terjadi dalam pelaporan tools webmaster dari Google, yang membuat para blogger jadi bingung.

Bahkan banyak yang tak masuk akal. Hal ini banyak diyakini oleh penggunanya kalau sekarang layanan populer milik google ini sedang bermasalah.

Google Search console atau selama ini jauh lebih dikenal dengan nama google webmaster tool,adalah salah satu produk google yang populer dan bermanfaat bagi blogger maupun webmaster (orang yang bertanggung jawab dalam proses perawatan, pegelolaan, dan pengembangan website).

Yang dulunya memberikan banyak manfaat dan bantuan bagi pemilik blog untuk mengindetifikasi dan mengatasi semua masalah yang terjadi dengan websitenya. Terutama berkaitan dengan masalah pengindeksan.

Masalah Cakupan Indeks Google Search Console

Masalah Cakupan Indeks Google Search Console
Masalah Cakupan Indeks Google Search Console

Namun belakangan ini kinerjanya menurun secara dratis, alih-alih membantu menyelesaikan permasalahan pemilik blog yang telah menghubungkan blognya. Keberadaan google search console yang sekarang ini, malah membuat para pengelola blog jadi bingung.

Admin sendiri awalnya juga tidak tau, tapi setelah mulai aktif ngeblog kembali. Barulah saya menyadari kalau ada yang aneh dengan kinerja google webmaster tools, semakin hari errors web yang saya kelola ini terus bertambah.

Padahal sebelumnya tidak ada masalah, sudah coba cari solusi dengan berkunjung ke situs-situs yang mendapat peringkat terbaik di pencarian, menonton video youtube berakitan dengan masalah yang kami alami, berkunjung dan bertanya di berbagai forum, bahkan sudah minta bantuan para pakar google melalui google suport hasilnya tetap nihil.

Banyaknya masalah terkait dengan cakupan indeks google search console ini tidak hanya Admin yang mengalami, tapi juga menimpa para bloggger dunia.

Baca juga: Apasaja Kerja Seorang Blogger

Indeks Bermasalah atau Errors

Adapun beberapa masalah laporan pengindeksan google search console yang aneh dan bermasalah di antaranya adalah sebagai berikut.

Artikel Baru Sulit Terindeks

Dulu dengan menautkan web ke google webmaster tools adalah cara terbaik untuk mempercepat proses pengindekan artikel. Karena ada menu fetch as yang sangat efektif untuk mempercepat artikel baru terindek, kalau kualitasnya jauh lebih baik dari artikel blog yang sudah nongkrong di halaman pertama pencarian, artikel yang dicrawl menggunakan menu fecth as ini akan diberikan hak untuk menempati halaman pertama pencarian. seandainya artikel tersebut biasa-biasa saja, artikel tetap bisa di cari di google alias tetap terindeks.

Dengan adanya menu fecth as ini blogger ataupun para webmaster jadi bersemangat dalam mengelola blognya dan rutin untuk memposting konten baru. Karena mereka memiliki harapan dengan semakin rajin update, blog atau situs web yang mereka kelola bisa berkembang dengan lebih cepat. Dan memiliki persentase mendapatkan lebih banyak kunjungan organik yang berasal dari mesin pencari.

Namun dengan penurunan kinerja search console sekarang ini, mau posting atau tidak, sepertinya tidak banyak membantu. Karena, walaupun di versi terbarunya saat ini masih menyediakan menu untuk meminta robot crawl google mengindeks artikel baru yang bernama ulr inspection. Di kirim berapa kalipun artikel baru sulit bahkan bisa di bilang tidak dindeks sama sekali.

Padahal, berdasarkan dari pengalaman selama ini. artikel yang kami posting baru-baru ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain jumlah katanya jauh lebih banyak, pembahasan yang kami sajikan dalam artikel juga jauh lebih lengkap.

Baca juga: Olahraga Paling Populer di Dunia

Admin sendiri tidak akan merasa kalau ada masalah dengan sistem pengindeksan google, kalau ada sebagian saja artikel baru yang kami submit dan indeks menggunakan fitur url inspection dari google search console bisa di temukan di pencarian.

Tapi ini 100% tidak terdeteksi sama sekali, dan untuk memastikannya. Kami sudah menggunakan 3 cara mengecek artikel sudah terindek apa belum. Hasilnya tetap nihil.

Sudah mencari berbagai solusi tak ada yang berarti dan mampu memberikan hasil, sudah cek hal-hal yang menyebabkan artikel sulit terindek, juga tak ada masalah yang di temukan. Lalu apa penyebabnya.

Penyebab Artikel Sulit Terindeks

Kualitas artikel !!! konten di tulis dan di publish oleh orang yang sama dan sudah berjalan 5 tahun lebih. Jadi tentu saja tak perlu di ragukan.

Yang bisa di buktikan dengan banyaknya artikel lama dari situs ini yang mendapatkan kepercayaan google, menempati halaman pertama pencarian, paling jauh berada di halaman ketiga.

Padahal artikel tersebut sudah banyak yang copy paste, ini tentunya sudah bisa membuktikan kalau artikel kita berkualitas.

Artikel dangkal!! Admin rasa juga bukan, sebab artikel baru yang telah kami sajikan panjangnya berkisar antara 700-1000 kata bahkan ada juga yang lebih.

Dengan pembahasan yang jauh lebih lengkap dari artikel sebelumnya, baik konten dari situs ini sendiri maupun situs-situs yang sudah mempublikasikan artikel serupa.

Spam !! Jangan ngaco dong, kami hanya mempublikasikan artikel original yang Admin ketik sendiri dari a-z. Kalau pun ada artikel sama persis, kebanyakan dari mereka yang mempublikasikan ulang artikel yang kami buat.

SEO !!! rasanya juga tidak masalah, sebab sebelum di publikasikan semua artikel yang kami buat, terlebih dahulu di cek apakah melakukan spam keyword atau tidak dengan menggunakan berbagai cara, baik manual maupun bantuan pihak ketiga.

Jadi kepadatan kata kuncinya masih wajar, dan tidak melanggar pedoman webmaster.

Dalam penggunaan keyword, artikel yang kami publikasikan juga lebih banyak menggunakan kata kunci LSI, dengan begitu kami yakin tak ada masalah berkaitan dengan seo. Lalu apa sebenarnya masalahnya ?

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Online Khusus Pemula

Error 404

Seharusnya masalah error 404 alias url tidak ditemukan bisa di atasi dengan redirect secara permanen ke artikel serupa, atau redirect ke home page. Setelah itu pelaporan masalah di dalam cakupan indeks google juga akan hilang.

Tapi belakangan, masalah ini tidak terselesaikan. Sudah minta validasi perbaikan, hasilnya failed. Hal ini membuktikan kalau kinerja google search console sekarang sudah merosot sangat jauh.

Redirect Erros

Masalah cakupan indek, redirect error ini juga masalah terbesar yang di alami oleh hampir semua blogger sekarang. Karena saat Admin mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, banyak sekali ditemukan sumber informasi yang tersedia.

Baik itu berupa artikel, maupun video, dan banyak juga yang menayakannya melalui berbagai forum.

Tapi tidak ada satu pun yang bisa menyelesaikan permasalahan ini. Bahkan tim bantuan google sendiri, tidak memberikan jawaban pasti yang bisa mengatasinya.

Setiap kali memposting artikel baru, minta di crawl menggunakan url inspection google search console. Bukannya artikel cepat terindek, malah menambah jumlah error dalam pelaporan cakupan indeks google.

Semua url yang masuk dalam daftar error redirect, sudah di cek tidak ada masalah. Baik itu robot text, crawl google, maupun di buka secara langsung. Jadi salahnya dimana ? Apa solusinya ?

Penutup

Setelah melakukan pengecekan secara langsung tidak ada masalah yang terkait dengan artikel yang urlnya masuk dalam daftar error redirect cakupan indeks google, melakukan berbagai perbaikan yang harusnya bisa mengatasi masalah errors 404 yang di laporkan oleh google, dan meneliti kembali artikel baru yang kami publikasikan.

Kami jadi semakin yakin kalau saat ini yang bermasalah bukannya blog kita atau artikel terkait, tapi google search console itu sendiri.

Jadi bagi teman-teman yang mengalami masalah serupa, terkait dengan Masalah Cakupan Indeks Google Search Console, tak usah terlalu di pikirkan.

Jalankan saja aktivitas ngeblog seperti biasanya, dan lebih baik kalau untuk sementara waktu jangan menggunakan search console sebagai patokan.

Karena nanti kalian akan semakin terbebani, kalau ada artikel baru. Coba submit menggunakan jasa ping luar saja.

Dengan begitu kalian bisa ngeblog dengan santai dan menyenangkan.

Kita berdoa saja, semoga google search console yang error dan bermasalah saat ini bisa segera di atasi oleh tim google.

Sehingga bisa berfungsi dengan baik, seperti sedia kala dan mampu memberikan manfaat seperti yang kita harapkan.