Beranda Edukasi Wajib Tahu! Manfaat Daging Ayam Bagi Tubuh

Wajib Tahu! Manfaat Daging Ayam Bagi Tubuh

184
Manfaat daging ayam bagi tubuh
Foto: Royco Kaldu Ayam, Resep Ayam Kecap Spesial

Mata Jatim – Manfaat daging ayam bagi tubuh wajib kita ketahui apalagi kita sering mengkonsumsinya. Jenis daging ini banyak diminati oleh semua orang bahkan diseluruh dunia, selain rasanya yang enak ada banyak nutrisi yang terkandung didalamnya.

Manfaat Daging Ayam Bagi Tubuh

Berikut ini manfaat daging ayam bagi tubuh yang perlu kita ketahui:

1. Sumber Protein Yang Baik

Manfaat daging ayam yang pertama adalah sumber protein yang baik bagi tubuh, satu porsi daging ayam panggang berukuran sedang mengandung sekitar 27 gram protein.

Protein adalah nutrisi penting bagi tubuh karena membantu membangun memperbaiki jaringan otot, memelihara kesehatan tulang, serta mendukung fungsi kekebalan tubuh.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Manfaat daging ayam selanjutnya yaitu mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B3, vitamin B6, fosfor dan selenium. Vitamin B3 (niacin) penting untuk kesehatan kulit, saraf dan pencernaan.

Vitamin B6 berperan dalam sel sarah merah dan fungsi sistem saraf. Fosfor membantu membangun dan memelihara tulang dan gigi. Sedangkan selenium di perlukan untuk fungsi tiroid dan kekebalan tubuh.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat daging ayam selanjutnya yaitu menjaga berat badan tetap ideal karena daging ayam rendah kalori dan lemak.

Terutama jika Anda memilih bagian tanpa kulit, ini menjadikan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin badan tetap ideal. Selain itu, protein dalam ayam juga membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga mengurangi nafsu makan dan konsumsi kalori yang berlebihan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selanjutnya Manfaat daging ayam yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Lemak jenuh dan kolesterol rendah jika di bandingkan dengan daging merah, sehingga dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan B6 juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah.

5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

Terakhir Manfaat daging ayam yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, protein dalam daging ayam mengandung asam amino triptofan yang membantu meningkatkan produksi seretonin dalam otak.

Seretonin adalah zat kimia yang membantu meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Itulah beberapa Manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh. Perlu di ingat mengkonsumi daging ayam secara berlebihan juga memiliki efek negatif pada kesehatan.

Read Also: Jumlah Kata yang Ideal Untuk Artikel SEO

Efek Negatif Mengkonsumsi Daging Ayam

Berikut ini efek negatif mengkonsumsi daging ayam secara berlebihan antara lain:

1. Kenaikan Berat Badan dan Obesitas

Meskipun rendah kalori dan lemak, namun bila di konsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan, hal ini di karenakan kalori yang masuk dalam tubuh akan terus bertambah jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak.

2. Penyakit Kardiovaskuler

Daging ayam mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Jika di konsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit Kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Lemak jenuh dan kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri dan memicu penyakit jantung.

3. Penyakit Pencernaan

Mengkonsumsi daging ayam yang tidak diolah dengan baik dapat memicu penyakit Pencernaan seperti diare, mual, muntah, dan perut kembung.

4. Resintensi Insulin

Mengkonsumsi daging yang mengandung banyak protein dan lemak secara berlebihan dapat meningkatkan resistensi Insulin dan diabetes tipe 2. Lemak jenuh dan kolesterol dapat mempengaruhi kerja Insulin dan metabolisme glukosa dalam tubuh.

Pengirim: https://www.starzonk.com/
Editor: Matajatim.ID