Beranda Berita Kenali Makanan Khas Lebaran

Kenali Makanan Khas Lebaran

192
Kenali Makanan Khas Lebaran
Kenali Makanan Khas Lebaran (foto: unsplash)

Tidak terasa hari lebaran sebentar lagi dan mimin ingin berbagi apa saja yang wajib di Kenali Makanan Khas Lebaran saat kamu di kampung.

Sahabat Goads.iD, Merayakan hari kemenangan belum lengkap tanpa adanya sajian khas lebaran yang selalu ada di atas meja makan.

Menu makanan khas lebaran sendiri biasanya merupakan masakan tradisional Indonesia yang gurih dan kaya akan rempah-rempah.

Meski makanan khas Indonesia beragam, tetapi hanya ada beberapa jenis hidangan yang selalu hadir di hari besar para umat muslim ini.

Kenali Makanan Khas Lebaran

Lantas, Apa Saja Makanan Khas Lebaran? Berikut daftar menu makanan khas Lebaran yang pasti jadi hidangan utama khususnya di Indonesia.

1. Semur daging

Semur daging merupakan makanan khas Indonesia yang menggunakan bahan utama daging sapi. Meskipun begitu, banyak juga yang menggantinya dengan daging ayam karena lebih terjangkau.

Makanan berkuah dengan bahan utama kecap ini memiliki rasa gurih dan manis yang bisa menambah nafsu makan.

Untuk kamu yang ingin membuat semur daging rumahan yang mudah, kami memiliki resep daging semur.

2. Opor ayam

Makanan wajib saat lebaran lainnya adalah opor ayam. Opor ayam merupakan jenis makanan berkuah, yang sering sekali dipadukan dengan lontong dan ketupat.

Bagi kamu yang ingin membuat opor ayam sendiri di rumah, kamu bisa cari tahu cara membuatnya dari resep opor ayam ini.

3. Rendang

Kenali Makanan Khas Lebaran
Rendang (foto:unsplash)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan hidangan rendang. Yap, rendang dikenal sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Makanan khas Minang ini memang menjadi favorit masyarakat Indonesia karena kaya akan rempah-rempah.

Rendang juga merupakan makanan wajib yang selalu ada di saat lebaran, lho. Untuk membuat rendang enak sebagai sajian hari raya, kamu bisa coba terapkan resep rendang ini.

4. Sambal goreng ati

Sebagai makanan khas lebaran, sambal goreng ati tidak boleh ketinggalan. Makanan ini terdiri dari hati ayam, ampela, wortel, dan kentang yang dipotong dadu dan dimasak dengan sambal balado.

Tidak jarang, ada yang menambahkan petai juga, loh. Wah, jadi tambah nikmat ya! Cari tahu cara mudah untuk memasak sambal goreng ati dalam resep berikut ini.

5. Soto

Ingin menyediakan hidangan yang menyegarkan? Bila ya, kamu bisa memasak soto. Soalnya, soto menjadi salah satu makanan khas lebaran yang wajib ada di sebagian wilayah Indonesia.

Varian soto sendiri cukup beragam, seperti soto daging kuah bening atau soto ayam kuah santan. Kamu bisa memilih jenis soto yang paling digemari buat disajikan di hari Lebaran.

6. Sayur lodeh

Awalnya, sayur lodeh hanya menjadi makanan khas lebaran untuk daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta saja. Akhirnya, kenikmatan sayur lodeh telah menyebar ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Nah, sayur lodeh mulai menjadi salah satu makanan khas lebaran pendamping lontong atau ketupat.

7. Ketupat

Belum lengkap rasanya jika tidak menyediakan ketupat saat lebaran. Nah, ketupat adalah sumber karbohidrat wajib untuk menggantikan peran nasi selama merayakan Idulfitri.

Menu satu ini merupakan beras yang di bentuk dalam anyaman daun dan dikukus dalam loyang berisi air. Biasanya, ketupat cocok menjadi pendamping sayur lodeh dan opor ayam, yang memiliki kuah santan gurih.

Pelajari Cara Praktis membuat Ketupat Lebaran di sini.

8. Sambal bawang

Sebagai pelengkap setiap makanan, sambal bawang wajib ada saat lebaran. Apalagi, banyak orang Indonesia yang suka makan pakai sambal.

Rasa pedas dari cabai yang berpadu dengan manis dari bawang pasti akan membuat kamu terus nambah, deh.

Nah, itu dia makanan khas Indonesia yang selalu hadir sebagai hidangan lebaran.