Beranda Wisata Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran

Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran

158
Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran
Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran (Foto Ilustrasi Ketupat Lebaran)

Hari raya sebentar lagi dan akan di sambut semua orang, oleh karena itu kami berikan tips dan tata cara praktis membuat ketupat lebaran.

Lebaran tanpa ketupat pasti akan sepi dan kurang lengkap. Biasanya, hidangan ini banyak dijual di pasar menjelang Idulfitri.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara membuat ketupat sendiri.

Asal usul ketupat sebagai hidangan lebaran pun sudah ada sejak lama. Tidak heran bila ketupat selalu menjadi jamuan wajib saat lebaran di rumah.

Untuk membuatnya, kamu hanya membutuhkan 3 bahan utama lho, yaitu beras, air, dan bungkusnya sendiri, yang terbuat dari anyaman daun kelapa muda.

Bila sudah menyiapkan ketiga bahan utama tersebut, kamu hanya perlu mengikuti satu per satu langkah pembuatan ketupat yang pulen dan padat berikut ini.

Baca juga: Barang yang Wajib di Bawa Saat Mudik

Bahan

  • 10 buah bungkus ketupat
  • 4 cup beras
  • Air secukupnya

Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran

Jika ketiga bahan tersebut sudah ada, waktunya kamu mengikuti cara pembuatannya di bawah ini.

1. Siapkan beras dengan kadar 40 persen beras pera dan 60 persen beras pulen. Cuci hingga bersih, lalu isi ke dalam kulit ketupat dengan menerapkan perbandingan 40/60 tadi.

2. Masukkan ketupat ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Pastikan air merendam semua bagian ketupatnya, ya.

3. Kemudian, rebus hingga mendidih dengan panci tertutup agar prosesnya lebih cepat. Masak sekitar 30 menit atau 15-20 menit jika kamu menggunakan panci presto.

4. Setelah matang, angkat dan tiriskan ketupat, lalu diamkan hingga mencapai suhu ruangan. Jika sudah, Ketupat siap disantap bersama dengan hidangan lezat lainnya.

Baca juga: Cara Aman Membuat Backlink Untuk Moneysite

Apa Perbedaan Beras Pera dan Beras Pulen?

Pada langkah pertama, dikatakan kalau kamu perlu menggunakan perbandingan 40 persen beras pera dan 60 persen beras pulen.

Namun, apa perbedaan kedua jenis beras tersebut? Kita akan bahas satu per satu.

Beras memiliki kandungan amilosa, yang dapat menentukan tingkat pulen atau pera dari beras. Jika amilosa tinggi, maka beras akan lebih kering, yang kerap di kenal dengan beras pera.

Sedangkan amilosa rendah, akan menghasilkan beras yang lebih lunak dan lengket. Nah, jenis ini lebih di kenal sebagai beras pulen.

Dari segi bentuk, bulir beras pulen lebih pendek daripada pera yang panjang. Umumnya, beras pera lebih cocok untuk membuat nasi goreng, nasi uduk, dan ketupat.

Sedangkan untuk penggunaan beras pulen, biasanya akan lezat untuk sushi dan nasi kepal.

Dowload sekarang: Light Speed Responsive Blogger Template

Peralatan untuk Masak Ketupat

Untuk memasak ketupat, kamu dapat memilih salah satu dari tiga alat, yaitu dengan rice cooker, panci bertutup, dan memakai panci presto.

Jika ingin memasak dengan praktis dan cepat, kamu bisa menggunakan rice cooker, seperti yang berikut ini.

Nah, kalau ingin memakai cara yang lebih tradisional, kamu bisa menggunakan panci besar dengan tutup. Berikut rekomendasi panci yang dapat kamu beli.

Namun, kalau kamu mau masak lebih cepat dan enak, kamu bisa menggunakan panci presto, seperti yang berikut ini.

Situs belanja online ini juga menjual peralatan otomotif, kesehatan, dan olahraga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, ATARU, SELMA, Krisbow, Pendopo, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Menghemat Daya Listrik

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda dalam artikel kami tata cara praktis membuat ketupat lebaran. Semoga bermanfaat