Beranda Edukasi Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google

Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google

171
Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google
Contoh Halaman Google

Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google – Bagi yang sudah lama dan cukup berpengalaman dalam dunia blogging, tentunya tidak akan terlalu pusing memikirkan apakah artikel yang mereka publikasikan di websitenya sudah di index oleh google apa belum.

Kebanyakan mereka lebih fokus untuk terus update artikel berkualitas secara berkala. Dan menyerahkan sepenuhnya proses index kepada robot crawl milik google, karena cepat atau lambat artikel tersebut pasti akan ke indeks.

Kalau masalah muncul di serp terutama halaman pertama pencarian untuk kata kunci tertentu atau tidak, tergantung banyak faktor. 

Hal ini tentu saja berbeda bagi kita yang baru buat blog, dan masih memiliki sedikit konten. Pastinya akan merasa bingung kalau artikel blog yang telah kita buat dan publikasikan belum juga terindek, padahal sudah di posting beberapa hari, bahkan sampai berbulan-bulan.

Karena sulit bahkan tidak mungkin blog baru bisa berkembang kalau artikelnya tidak terindex sama sekali. Mengapa ? tentu saja karena situs atau artikel yang tidak muncul di serp tidak akan pernah mendapatkan pengunjung organik.

Baca juga: 10 Keuntungan Belajar Ngeblog

Jika kalian juga termasuk salah satunya, ada baiknya kawan-kawan pastikan terlebih dahulu, apakah benar artikel website kalian masih belum terindek ?.

Sebab kebanyakan blogger baru yang bingung artikelnya tidak muncul di pencarian, itu mencari menggunakan kata kunci target.

Dan untuk memastikan blog atau konten website milik kalian sudah terindek oleh google apa belum, silakan gunakan beberapa cara yang kami bagikan di bawah ini.

Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google

Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google
Contoh Halaman Google

Ketikkan “site:alamat web yang mau di cek”, pada kotak pencarian.

Contoh :  site:matajatim.id

Jika hasilnya seperti gambar di atas, itu artinya kalau website kalian sudah di indeks oleh google. Sebaliknya kalau hasilnya seperti gambar di bawah ini, berarti situs teman-teman masih belum terindex atau terdaftar di mesin telusur milik google.

Jadi pastikan terlebih dahulu, apakah situs yang kalian cari itu sudah terhubung dengan google webmaster tool apa belum, jika belum wajar saja kalau hasilnya seperti itu. Solusinya kalian tinggal submit blog kalian ke google search console dulu, dan jangan lupa submit juga sitemapnya.

Jika sudah mendaftarkan dan verifikasi blog ke google webmaster tool, sudah submit sitemap blog terkait. Namun situs Anda masih tidak muncul di serp dengan menggunakan metode ini, besar kemungkinan domain yang kawan-kawan gunakan terkena google sandbox, atau jenis penalti lainnya.

Cara Mengetahui Artikel sudah terindex Google Apa Belum

Untuk mengetahui dan memastikan apakah artikel yang kalian publikasikan di situs blog kesayangannya sudah masuk daftar pengindeksan google apa belum, bisa di lakukan dengan tiga cara. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Gunakan Url artikel

Cara mengecek apakah artikel sudah terindeks google apa belum menggunakan teknik ini, kalian hanya perlu melakukan pencarian menggunakan kotak google search.

Dengan cara masukkan url lengkap artikel yang mau di cek. Supaya lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google
Contoh Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google

Lakukan pencarian dengan menggunakan “site:url artikel” contohnya: site:https://matajatim.id/jumlah-kata-yang-ideal-untuk-artikel-seo/ 

2. Mencari dengan Judul Artikel Lengkap

Untuk mendapatkan hasil yang kongkrit saat melakukan pencarian apit judul artikel lengkap yang mau di cari dengan tanda petik ganda (“”).

Contoh :

Cara Mengetahui Artikel Web Terindek Google

3. Menggunakan Fitur Url Inspection Google Search Console

Untuk menggunakan cara ini, pastikan terlebih dahulu kalau blog atau situs web yang artikelnya mau kalian cek sudah terdaftar di wemaster tool.

Jika sudah langkah-langkah cek artikel sudah terindek apa belum dengan google webmaster tools adalah sebagai berikut.

Akses akun google search console yang terkait dengan blog yang mau kalian cek indeksnya

  • Masuk ke menu URLInspection
  • Inputkan url artikel yang mau di cek pada kotak yang di sediakan >>> Tekan enter

Nanti kalian akan melihat keterangan seperti gambar dibawah ini.

Keterangan :

URL is not on Google: berarti artikel kalian belum terindek. Solusinya kalian harus melakukan fetch as url tersebut dengan cara klik test live url untuk memastikan kalau link artikel yang mau kalian render bisa di akses google dan tidak ada masalah. Lalu klik tulisan Request Indexing.

URL is on Google : Berarti artikel kalian sudah terindeks.

Baca juga: Mengatasi Penolakan Google Adsense

Kesimpulan

Untuk mengetahui dengan pasti apakah artikel atau website yang di kelola sudah terindex apa belum, bisa dilakukan dengan 3 cara.

Diantaranya melakukan pencarian menggunakan site:url, menggunakan judul artikel lengkap diapit tanda petik ganda (“judul”), dan mengecek dengan bantuan google search console.

Demikianlah panduan bagaimana cara mengetahui artikel website sudah terindex google apa belum. Terima kasih, semoga bermanfaat.