Beranda Technology Cara Mengatur Google Search Console

Cara Mengatur Google Search Console

120
Cara Mengatur Google Search Console
Foto Ilustrasi Google Search Console

Mata Jatim – Panduan Lengkap Tutorial Cara Mengatur Google Search Console pada Website yang bisa anda pelajari secara rinci, mulai dari pengenalan hingga pada poin cara mengaturnya.

Apakah Anda ingin mempelajari cara mengatur Google Search Console? Anda akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana alat ini dapat membantu meningkatkan kinerja situs web Anda di mesin pencari Google.

Pelajari cara menggunakan Google Search Console untuk menganalisis lalu lintas situs web Anda, mengoptimalkan tampilan hasil pencarian, dan mengatasi masalah teknis yang mungkin mempengaruhi peringkat situs Anda.

Mengenal Fitur Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang dirancang untuk membantu pemilik situs web dan pengelola konten untuk memahami bagaimana situs web mereka terlihat dan berkinerja dalam hasil pencarian Google.

Ini adalah alat yang sangat penting untuk memantau dan meningkatkan visibilitas situs web pada mesin pencari. Beberapa fitur dan fungsi utama dari Google Search Console:

Pemantauan kinerja pencarian:

Google Search Console memberikan informasi tentang bagaimana situs Anda ditampilkan dalam hasil pencarian Google. Anda dapat melihat jumlah klik, tampilan halaman, dan posisi rata-rata situs Anda untuk kata kunci tertentu.

Pencarian kata kunci:

Anda dapat melihat kata kunci yang digunakan pengguna untuk menemukan situs Anda dan melihat bagaimana posisi situs Anda dalam hasil pencarian untuk kata kunci tersebut.

Pengindeksan:

Alat ini memungkinkan untuk melihat berapa banyak halaman dari situs yang telah diindeks oleh Google dan mengajukan halaman baru untuk diindeks.

Peringatan dan pemecahan masalah:

Google Search Console memberikan peringatan jika ada masalah yang terdeteksi pada situs Anda, seperti halaman yang tidak dapat diakses oleh robot Google atau penalti manual. Anda juga dapat melihat laporan tentang kesalahan krawangan, sitemap, dan berbagai masalah teknis lainnya.

Pengiriman sitemap:

Anda dapat mengirimkan sitemap situs Anda ke Google melalui Google Search Console, yang membantu mesin pencari memahami struktur situs Anda dengan lebih baik.

Data performa perangkat:

Anda dapat melihat data kinerja situs Anda berdasarkan perangkat yang anda gunakan, seperti desktop, ponsel, atau tablet.

Cara Mengatur Google Search Console

Dengan Google Search Console, Anda dapat menganalisis kinerja situs Anda dalam hasil pencarian Google dan mengidentifikasi area di mana Anda dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs web.

Untuk mengatur Google Search Console, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Membuat akun Google Search Console.

Langkah pertama dalam mengatur Google Search Console adalah membuat akun.

Anda dapat menggunakan akun Google yang sudah ada atau membuat akun baru khusus untuk Search Console.

Setelah membuat akun, Anda perlu memverifikasi kepemilikan situs web Anda dengan mengikuti petunjuk yang di berikan oleh Search Console.

Verifikasi ini penting agar Anda dapat mengakses semua fitur dan data yang di sediakan oleh alat ini.

Setelah akun Anda terverifikasi, Anda siap untuk mulai menggunakan Google Search Console untuk meningkatkan kinerja situs web Anda di mesin pencari Google.

Memverifikasi kepemilikan situs web

Setelah berhasil membuat akun Google Search Console, langkah selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan situs web.

Proses verifikasi ini penting agar Anda dapat mengakses semua fitur dan data yang di sediakan oleh alat ini.

Google Search Console menyediakan beberapa metode verifikasi yang dapat Anda pilih, termasuk memasang tag HTML di situs web , mengunggah file HTML ke server situs web , atau menggunakan metode verifikasi alternatif seperti Google Analytics atau Tag Manager.

Pilih metode verifikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ikuti petunjuk yang di berikan oleh Search Console untuk menyelesaikan proses verifikasi.

Setelah situs web terverifikasi, Anda dapat mulai menggunakan Google Search Console untuk meningkatkan kinerja situs web Anda di mesin pencari Google.

Mengirimkan sitemap situs web

Setelah Anda berhasil menambahkan situs web Anda ke Google Search Console, langkah selanjutnya adalah mengirimkan sitemap situs web.

Sitemap adalah file yang berisi daftar semua halaman di situs web yang ingin blognya ke indeks oleh mesin pencari.

Dengan mengirimkan sitemap, Anda memberi tahu Google tentang struktur situs web dan membantu mesin pencari mengindeks halaman-halaman tersebut dengan lebih efisien.

Untuk mengirimkan sitemap, pertama-tama Anda perlu membuat sitemap situs web.

Anda dapat menggunakan alat seperti XML-Sitemaps.com atau plugin SEO di platform CMS untuk membuat sitemap dengan mudah.

Setelah Anda memiliki sitemap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Google Search Console dan pilih situs web yang ingin Anda kirimkan sitemap.
  2. Di menu sebelah kiri, klik “Sitemaps” di bawah menu “Crawl”.
  3. Klik tombol “Add/Test Sitemap” di bagian atas halaman.
  4. Masukkan URL sitemap Anda (misalnya, “https://www.contohsitusweb.com/sitemap.xml”) ke dalam kotak yang tersedia.
  5. Klik tombol “Submit” untuk mengirimkan sitemap.

Setelah Anda mengirimkan sitemap, Google Search Console akan mulai memprosesnya dan menampilkan laporan tentang halaman-halaman yang di indeks.

Pastikan untuk memeriksa laporan ini secara berkala untuk memastikan bahwa semua halaman yang ingin Anda indeks telah berhasil ke indeks.

Memantau kinerja situs web melalui Google Search Console.

Setelah berhasil mengatur Google Search Console dan mengirimkan sitemap situs web, Anda dapat mulai memantau kinerja situs web melalui alat ini.

Google Search Console menyediakan berbagai laporan dan metrik yang dapat membantu Anda memahami bagaimana situs web Anda tampil di hasil pencarian Google.

Anda dapat melihat laporan tentang jumlah halaman yang di indeks, kata kunci yang paling sering muncul dalam hasil pencarian.

Selain itu dapat melihat jumlah klik dan tayangan yang di terima oleh situs web Anda.

Anda juga dapat melihat apakah ada masalah teknis yang mempengaruhi kinerja situs, misalkan kesalahan pengindekan atau masalah keamanan.

Baca juga: Apasaja Kerja Seorang Blogger

Penutup

Melalui Google Search Console, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu di tingkatkan dan di optimalkan kinerja situs web.

Supaya semua artikel dan halaman dapat ke indeks serta mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dari sebelumnya.

Jangan lupa untuk memeriksan semua laporan secara teratur dan mengambil tindakan yang di perlukan untuk meningkatkan kinerja situs web.

Pengirim: Kang Tury
Situs web: https://www.kangtury.com/
Editor: Mata Jatim