Beranda Edukasi Apasaja Kerja Seorang Blogger

Apasaja Kerja Seorang Blogger

13
Apasaja Kerja Seorang Blogger
Foto ilustrasi: Apasaja Kerja Seorang Blogger

Media Berita Edukasi – Dunia blogger semakin hari semakin di rumitkan dari berbagai hal, oleh karena itu pahami dahulu Apasaja kerja seorang blogger sebelum kamu terjun kesana.

Dunia Teknologi semakin maju dan berbagai macam aktivitas online semakin meningkat, sehingga persaingan diantara blogger satu dengan lainnyapun tidak bisa di hindari.

Hal ini mengakibatkan semakin banyaknya kerja seoprang blogger untuk di lalui setiap harinya,

Lantas apasaja kerja para blogger jika mereka di depan monitor komputer dan handphone mereka? simak beberapa kerja mereka di bawah ini.

Apasaja Kerja Seorang Blogger

Sederhananya, Blogger adalah orang-orang yang menulis, membagikan tulisan, serta mengelola sendiri blog website mereka.

Gak hanya menjadi sebuah hobi, Blogger pun tampak menjadi sebuah profesi yang gak kalah menjanjikan dari profesi lainnya.

Sebelum melangkah lebih jauh anda wajib mengetahui beberapa hal yang di kenal istilah blogger, berikut ini di mulai dari pertama.

Baca juga: Tips Mengirim Email yang Efektif

Definisi Aktivitas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian Aktivitas adalah kerja atau salah satu kegiatan kerja yang di laksanakan dalam tiap bagian di dalam perusahaan.

Aktivitas juga sering di kenal dengan istilah Kegiatan atau kerja, yang menunjukkan suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak di lakukan secara terus menerus.

Pengertian Ngeblog

Dikutip dari berbagai media, Ngeblog merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan membuat atau mengelola suatu web log (blog), yang di lakukan secara online.

Namun dalam hal ini, seorang blogger tidak bekerja hanya sekali, namun di lakukan secara berkelanjutan untuk memenuhi blog mereka dengan berbagai artikel.

Pengertian Kerja Seorang Blogger

Dari definisi aktivitas dan ngeblog di atas, dapat di tarik kesimpulan bahwa Kerja Seorang Blogger merupakan suatu kegiatan yang di lakukan oleh seseorang dalam membuat, merawat, dan mengembangkan suatu website.

Sehinga bisa berkembang menjadi lebih baik dan mampu memberikan hasil yang maksimal, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain yang berkunjung ke situs yang di kelolanya.

Pendukung Kerja Seorang Blogger

Untuk bisa melakukan kerja seorang blogger, harus memiliki yang namanya situs. Kalau sudah berhubungan dengan situs tentu saja tidak bisa lepas dari yang namanya hosting dan domain.

Pengertian Hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat yang di gunakan untuk menyimpan semua file dan data website, seperti video, gambar, email, script, aplikasi, dan database sehingga dapat di akses oleh banyak orang secara online melalui internet.

Jenis-jenis Hosting

Secara umum jenis hosting di bedakan menjadi dua yaitu hosting gratis dan hosting berbayar.

Sedangkan secara lebih spesifik di lihat dari kualitas, kemampuan, fitur yang di miliki hosting di bedakan menjadi sebegai berikut.

1. Shared Hosting

Shared hosting atau hosting bersama merupakan jenis hosting yang bisa digunakan bersama-sama dengan website yang lain. Anda akan melihat berbagai “ruangan” dengan orang lain yang juga menempatkan website-nya di sana.

Namun setiap orang memiliki kekuasaan sendiri-sendiri dalam mengelola shared hosting. seperti sewa kamar kost.

2. VPS Hosting

Adalah jenis hosting yang memberikan penggunanya tempat khusus dalam suatu server dengan kontrol yang lebih baik di bandingkan shared hosting.

Namun masih berbagi hardware server berbentuk fisik dengan website lainnya, dengan harga yang tidak jauh berbeda.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah Jenis hosting yang menawarkan penggunanya untuk bisa menggunakan resource sebanyak yang mereka butuhkan tanpa perlu membuat dan menjaga satu infrastruktur komputer dengan resource selayaknya VPS, tapi jauh lebih mudah di gunakan seperti Shared Hosting.

4. Dedicated Hosting

Jenis hosting yang memberikan pengguna kontrol penuh terhadap website atau data perusahaan mereka.

Hal ini di karenakan Dedicated server tersebut hanya di gunakan untuk menyimpan file dan data website Anda.

Akses root dan admin di berikan secara penuh, sehingga lebih memungkinkan untuk mengatur keamanan hingga sistem operasi yang di gunakan.

5. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah jenis hosting yang di khususkan untuk pengguna yang ingin membuat sebuah situs WordPress yang spesifikasinya kurang lebih sama dengan shared hosting.

6. Simple WordPress

Simple WordPress hosting adalah salah satu jenis hosting khusus yang bisa di gunakan untuk membangun website dengan CMS WordPress tanpa perlu memusingkan hal teknis.

Termasuk akses cPanel untuk melakukan edit file website dan berbagai pengaturan lainnya.

Domain

Sama halnya dengan hosting, domain juga bisa di peroleh dengan dua cara yaitu secara gratis, seperti domain gratis freenom. Dan domain berbayar yang bisa di dapatkan dengan cara menyewa di penyedia layanan pendaftaran domain murah Indonesia.

Domain sendiri berfungsi sebagai alamat suatu situs yang berfungsi mengantikan alamat ip yang sulit untuk di ingat, yang memungkinkan seseorang bisa mengakses semua informasi yang di publikasikan dalam website tersebut, secara lebih mudah dan gampang.

Baca juga: Olahraga Paling Populer di Dunia

Jenis Kerja Seorang Blogger

Membuat Situs

Untuk bisa memulai aktivitas ngeblog, seorang blogger wajib membuat situs atau webnya terlebih dahulu.

Dengan beberapa persiapan sebelum membuat blog sebagai tempat untuk menyimpan semua data dan mempublikasikannnya secara online, sehingga semua orang dapat menemukan dan mengakses informasi yang di bagikan.

Situs sendiri dapat di buat dengan mudah, tergantung situs jenis apa yang ingin di bangun.

Karena banyak sekali penyedia layanan untuk membuat website baik yang gratis maupun berbayar yang bisa di temukan dengan mudah di internet.

Salah satunya adalah wordPress.com atau blogger.com, yang tidak membutuhkan banyak biaya dan perawatan, karena hosting milik google.

Melakukan Perawatan Situs

Setelah di buat situs juga membutuhkan perawatan secara berkala, supaya bisa di akses dengan mudah baik melalui mesin pencari ataupun secara langsung.

Salah satu yang sering di lakukan seorang blogger yang menggunakan WordPress adalah mengupdate Theme dan plugin serta memperbaiki lainnya.

Ada pun perawatan situs meliputi beberapa kriteria di bawah ini.

1. Update sofware

yang digunakan saat membuat situs dengan updatetan terbaru, supaya tidak terjadi masalah saat ada visitor yang berkunjung.

2. Cek indek secara berkala

Supaya kelangsungan website bisa berjalan dengan baik, dan mampu menjaring traffik organik. Pengeloa web wajib hukumnya untuk mengecek apakah situs webnya sudah terindek apa belum.

3. Perbaiki Masalah Eror

Untuk bisa memastikan semua data dan informasi yang di sajikan dapat di akses, seorang Admin blog (blogger) harus rutin memeriksa apakah kesehatan situsnya tetap terjaga.

Salah satunya dengan memastikan kalau tidak ada link mati, yang bisa menyebabkan errors 404.

Sebagai alat bantu terbaik untuk mengetahui masalah cakupan indek dan error yang terdapat di website, pengelola situs web dapat menggunakan bantuan google search console.

Dengan syarat websitenya sudah terhubung dengan google webmaster, sehingga google dapat membantu menemukan semua masalah yang terkait dengan website tersebut.

Dan kalau ada masalah apapun jenisnya dalam menjalankan aktivitas ngeblognya seorang blogger harus segera memperbaik masalah tersebut.

Update Plugin dan Theme

Pada situs WordPress terdapat kerja lain selain di atas, yaitu dengan memperbarui versi plugin, versi theme dan versi CMS WordPress sendiri, berbeda dengan blogspot.

Dunia Blogspot dalam hal ini lebih ringan, karena mereka harus berfokus dengan artikel dan mengelola indeks secara berkala, sehingga pengguna blogspot lebih ringan di bandingkan pemilik situs CMS WordPress.

Pengembangan Situs

Posting Konten

Posting konten berkualitas secara berkala dan rutin adalah kerja seorang blogger yang wajib di lakukan.

Hal ini supaya website bisa terus berkembang dan terindeks dengan baik. Konten yang bisa di publikasikan dalam sebuah situs web di antaranya berupa tulisan (artikel), video, Gambar, dan hal lainnya yang bisa di bagikan serta di gunakan secara bebas.

SEO

Supaya situs yang di kelola dapat terus berkembang dalam menjalankan aktivitas ngeblognya seorang blogger juga harus mengerti tentang SEO.

Apa sih SEO itu? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan oleh user.

Backlink

Backlink adalah sebuah tautan eksternal yang berasal dari website domain pihak ketiga. ini meruapakan salah satu strategi link building dalam Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Pages) pada website seorang blogger.

Penutup

Nah setelah anda mengetahui Apasaja Kerja Seorang Blogger apakah anda masih mau menjadi seorang blogger? Tentu saja mau bukan.

Kuncinya dalam dunia blogger adalah saling berkunjung di antara blog satu dengan blog lainnya yang memiliki minat yang sama.

Disana nanti kalian akan saling berbagi pengelaman dan saling meninggalkan link atau jejak kalian, sehingga google memberikan nilai plus untuk anda.