PAN dan Demokrat Intip Sosok Potensial Jelang Pilpres 2024

  • Bagikan
Intip Sosok Potensial Jelang Pilpres 2024
PAN dan Partai Demokrat

matajatim.id-JAKARTA-Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat lagi mengintip sosok potensial dari eksternal partai untuk kepentingan Pilpres 2024.

Jika PAN melirik Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

Sedangkan Partai Demokrat melirik tokoh potensial dari eksternal tanpa menyebut nama-nama.

Seperti disampaikan Kamhar Lakumani, Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, yang mengaku partainya terus memonitor calon potensial di Pilpres 2024.

“Kami juga tentunya terus memonitor perkembangan dan dinamika politik menuju 2024, termasuk figur-figur unggulan dan potensial yang terekam pada hasil berbagai lembaga survei,” terang Kamhar lewat pesan singkat di Jakarta, Minggu (10/10), seperti dikutip merdeka.com.

Kamhar berpendapat, bahwa setiap partai punya strateginya masing-masing dalam merespon gejolak politik menghadapi Pemilu 2024. Parpol akan sangat memperhitungan kondisi internal setiap partai setelah memotret kekuatan dan kelemahannya.

“Perbedaan kondisi internal dan pembacaan atas kondisi eksternal inilah yang kemudian menjadi pembeda tiap-tiap partai dalam menyusun agenda strategis dan skala prioritas,” ucapnya.

Dirinya juga memastikan, pada saatnya nanti Partai Demokrat pasti akan menyampaikan kepada publik terkait sikap dan keputusan politik partai merespon tahun politik 2024. Demokrat terus mempertimbangkan dinamika politik yang ada.

“Tentunya dengan mempertimbangkan dan menjadikan kondisi internal organisasi sebagai referensi utama serta pemetaan atas dinamika politik di eksternal,” tutupnya.

Sebelumnya, Bima Arya selaku Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut bahwa partainya sedang melirik empat tokoh eksternal untuk Pilpres 2024.

Empat tokoh eksternal itu Erick Thohir, Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa, dan Barat Ridwan Kamil (RK).

“Ada yang suka presentasi Mas Anies, ada yang lebih senang ke RK, ada yang bersimpatik sama Erick Thohir, ada yang ngefans sama Bu Khofifah, gitu ya,” katanya.

Dia mengungkapkan partainya tertarik kepada keempat tokoh tersebut lantaran menduduki puncak hasil survei pilpres.

Sementara Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani bersikukuh ingin menyalonkan kembali Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

“Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud. Maka apa yang baru saudara ucapkan (meminta Prabowo maju di pilpres) akan kami teruskan. Dan dengan tidak mendahului jawaban beliau, saya katakan sekali lagi Insya Allah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024,” kata Muzani dalam keterangannya, Minggu (10/10). (merdeka.com/danis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *