Saipul Jamil Bak Pahlawan

  • Bagikan
Saipul Jamil Bebas
Saipul Jamil saat keluar dari penjara. Penyambutan kebebasan Saipul Jamil (VOI)

matajatim.id-Nalar seperti ingin digiring untuk menyebutnya sebagai pahlawan, atau setidaknya melihatnya sebagai orang yang terzalimi, sehingga saat keluar dari “hotel prodeo” ia layak disambut selayaknya.

Tidak cuma media infotainment yang memang biasa menjual berita selebritis, tapi media serius pun asyik juga memberitakan, seolah sesuatu dan penting.

Media khususnya televisi, memang lihai membentuk opini sesuai dengan yang diinginkan. Menggiring pemirsanya guna meyakinkan apa yang disampaikan benar adanya.

Disampaikan tentu tidak sekali pemberitaan, tapi berkali-kali, semacam kisah berseri. Sehingga opini yang dijejalkan terbentuk, membuat oleng pemirsanya.

Pahlawan pun seolah bisa dibentuk lewat pemberitaan yang bertubi-tubi, meski yang diberitakan itu bukan yang pantas diberitakan bak pahlawan, disebabkan perbuatan masa lalu yang menjijikkan.

Media mestinya bertanggung jawab atas pemberitaan dalam menggiring pemirsanya untuk mempercayai apa yang diberitakan.

Media televisi acap memberitakan berita yang hanya disuka pemirsanya. Atau setidaknya disesuaikan dengan yang disuka pemirsanya. Fungsi media sebagai alat kontrol dan edukasi terabaikan.

Setidaknya itu jadi pilihan, dan itu demi ratting tinggi.

Hari-hari ini kita disuguhi berita selebriti seolah pahlawan olah raga peraih medali emas, yang disambut selayaknya, penuh kebanggaan. Tidak disambut di bandara, tapi dari pintu gerbang penjara/lapas.

Sambutan dengan kalungan bunga, dan tak ketinggalan bunga tangan lumayan besar dan mewah, itu jika dibanding yang didapat Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, peraih medali emas bulu tangkis ganda wanita Olimpiade Tokyo, 2020.

Disiapkan mobil sport warna merah, dan sang “pahlawan” berdiri di mobil itu dengan penuh keriangan, masker pun diturunkan ke janggutnya agar wajah nyengirnya tampak benderang.

Lebih heroik lagi, kedua tangannya mengepal dan diangkatnya tinggi-tinggi, menyambut elu-eluan fans yang sudah menanti menyambutnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *