Innalillahi, Ny Makkiyah; Istri Kiai Faizi Annuqayah Wafat

  • Bagikan
Ny Makkiyah Istri Kiai Faizi Wafat
Ungkapan duka atas wafatnya Ny Makkiyah binti Ashiem Suruji istri dari Kiai M. Faizi, Pengasuh Ponpes Annuqayah Daerah Al Furqaan, Sabajarin, Guluk-Guluk, Sumenep, Selasa malam. (foto:istimewa)

matajatim.idSUMENEPInnalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.

Kabar duka menyelimuti keluarga Ponpes Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura.

Ny Makkiyah binti Ashiem Suruji istri dari Kiai M. Faizi, pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah, daerah Al-Furqaan Sabajarin, Guluk-Guluk wafat pada hari Selasa 2 Muharram 1443 Hijriyah atau 10 Agustus 202, pukul 22 (10 malam) .

Kabar duka ini dibagi sendiri oleh netizen di sejumlah aplikasi medsos dengan ungkapan duka dari Kiai M Faizi melalui video pendek.

Assalamualaikum wr. wb, Innalilahi wa innalillahi rojiun, Innalilahi wa innalillahi rojiun, Innalilahi wa innalillahi rojiun, telah meninggal Nyai Makkiyah binti Ashiem Suruji atau Binti Arifah Zainullah, pada pukul 22.00 atau jam 10 malam,” terang Kiai M. Faizi, dengan genangan air mata dalam video yang tersebar Selasa dini hari (10/8/2021).

Sejumlah netizen ikut turut berduka atas wafatnya almarhumah.

“Semoga Almarhumah diampuni dosanya diberi tempat yang terbaik di surga:Nya. Amiiin,” begitu salah satu komentar netizen.

Ny Makkiyah; Istri Kiai Faizi Wafat
Kiai Faizi saat bersama almarhumah. (FB:SyafAnton)

Unggahan duka juga datang dari kolega Kiai Faizi. Seperti K A Dardiri Zubairi:

Innalillahi wa Inna ilaihi rajiun. Turut berduka atas wafatnya istri Kiai M Faizi . Semoga almarhumah memperoleh tempat yang mulia di sisi Allah SWT.
Lahal fatihah

Kiai Faizi salah satu Kiai muda Annuqayah yang membawa nama harum Pondok Pesantren Annuqayah, di tingkat Nasional, Asia bahkan Internasional.

Dengan keliaran jemari menulis puisi, Kiai Muhammad Faizi menjadi tumpuan mayoritas santri yang gemar menulis, khususnya menulis puisi.

Sejak usia  33, Kiai Faizi mengganti posisi abahnya (KH Abdul Adzim) sebagai Pengasuh  Komplek PP Annuqayah, daerah Al-Furqaan Sabajarin, Guluk-guluk. Kiai muda yang lahir di Sumenep, 27 Juli 1975 ini, banyak menerima penghargaan.

Kendati demikian, tidak membuat diri Kiai Faizi pongah atau sombong sebagai sastrawan muda. Sebab, baginya, apa yang didapat merupakan sebuah anugerah dan tanggung jawab yang harus dipertahankan.

Di antara penghargaan yang diperoleh Kiai Faizi adalah lomba penulisan karya sastra tingkat nasional. Kiai Faizi mengaku pernah mengikuti dua kegiatan sastra nasional, yakni Temu Sastrawan Indonesia ke-IV di Ternate, Maluku Utara (2011); dan Pertemuan Penyair Nusantara ke-6 di Jambi, mengikuti dua kegiatan sastra internasional; “Ubud Writers and Readers Festival” di Ubud, Bali, tahun 2008, dan “Jakarta-Berlin Arts Festival” di Berlin, Jerman, 2011.

Di tengah kesibukan sebagai Kiai Pesantren dan guru di lingkungan pondok pesantren dan juga waktu bersama Istri. Kiai Faizi masih sanggup mengukir dan menerjemahkan gugusan bintang saat malam.

Ini dapat  dibaca dari berbagai karya dan rutinitas dirinya sebagai kiai sekaligus penyair.

Karena berlatar belakang pesantren, karya sastranya kental dengan sisi religius.

Buku ‘Permaisuri Malamku’, buku yang ditulis oleh penyair yang kiai atau kiai yang penyair tersebut, berusaha mengungkap kembara malam. Dalam ‘Surat Cinta untuk Malam’, sangat terasa nilai relijinya,

Nasab almarhumah Nyai Makkiyah

Selain netizen membagi kabar duka. Netizen juga membagi silsilah almarhumah yang bertalian kepada sejumlah kiai besar di Sumenep.

Berikut Silsilah almarhumah:

A0 K. Abd. Akhir Arongan
A1 K. Abd. Qorib
A2 Ny. Murdiyah
A3 K. Muhammad Idris
A4 Ny. Halimatus Sa’diyah
A5 Ny. Nafisah
A6 Ny. Watsiqoh
A7 K. Ashim
A8 Ny. Makkiyah

R0 K. Muhammad Rowi Gerassem
R1 K. Abd. Kiya
R2 Ny. Khadijah
R3 K. Muhammad Idris
R4 Ny. Halimatus Sa’diyah
R5 Ny. Nafisah
R6 Ny. Watsiqoh
R6 K. Ashim
R8 Ny. Makkiyah

Z0 K. Muhammad Zubair Sumber Anyar
Z1 Ny. Nuri
Z2 K. Hadu
Z3 K. Miftahul Arifin
Z4 K. Zainullah
Z5 Ny. Arifah
Z6 Ny. Makkiyah

redaksi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *