Brazil Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

  • Bagikan
Sepakbola Brazil Juara di Olimpiade Tokyo 2020
Para pemain Brazil merayakan kemenangan di final Olimpiade Tokyo 2020. (kmp)

matajatim.idBrazil sukses mengamankan medali emas pada cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020 usai menekuk Spanyol dengan skor tipis 2-1

Babak final sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020 itu tersaji di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8) malam WIB.

Sejak awal babak pertama, kedua kesebelasan langsung bermain menyerang. Pada menit ke-15, Spanyol nyaris mencetak gol, Diego Carlos hampir menceploskan bola ke gawang sendiri, namun masih sempat disapu keluar.

Pada menit ke-38, Brasil mendapat peluang emas, Wasit memberi tim Samba tendangan penalti usai melihat Video Assistant Referee (VAR) yang menunjukkan pelanggaran Unai Simon di kotak terlarang.

Richarlison, yang maju sebagai eksekutor Brasil, gagal menunaikan tugasnya. Bola tembakan pria berusia 23 tahun itu melayang di atas mistar gawang Spanyol.

Pada masa injury time, Brasil akhirnya mampu memecah kebuntuan. Memanfaatkan umpan lambung Dani Alves, Matheus Cunha kemudian mencetak gol lewat tendangan volinya. Gol, tim Samba unggul 1-0.

Tak ada tambahan gol lagi hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Brazil tetap bertahan.

Usai turun minum, Kedua tim tetap bermain menyerang. Pada menit ke-15, Richarlison nyaris menggandakan keunggulan Brasil, sayang bola tendangannya hanya menghantam mistar gawang.

Pada menit ke-61, Spanyol akhirnya mampu menyamakan kedudukan. Gol tercipta dari crossing Carlos Soler ke kotak penalti tim Samba yang berhasil disambar oleh Mikel Oyarzabal menjadi gol. Gol, Skor berubah 1-1.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor seri 1-1 membuat laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada paruh pertama babak perpanjangan, Brazil terus menggempur pertahanan Spanyol. Namun, rapatnya barisan belakang Spanyol membuat brazil kesulitan mencetak gol. Tak ada satupun gol tercipta hingga jeda.

Memasuki paruh kedua babak tambahan, Brasil akhirnya mampu kembali unggul. Pada menit ke-109, umpan lambung Antony di sisi kiri, berhasil diterima Malcom yang kemudian menggiring bola ke kotak penalti dan menendangnya masuk ke gawang Spanyol. Gol, skor berubah menjadi 2-1.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-1 untuk kemenangan Brazil menjadi hasil akhir pertandingan.

Brazil pun sukses memenangkan medali emas Olimpiade dua tahun berturut-turut, setelah di tahun 2016 mereka juga memenangkan medali tersebut. (Edwin Fatahuddin.kmp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *