Perang Billboard Menuju 2024

  • Bagikan
Perang Billboard Menuju 2024
Billboard yang berisi para politisi senayan mulai menyebar di sudut-sudut kota di Surabaya.

matajatim.idSURABAYA-Billboard politisi senayan mulai bertebaran di Jawa Timur. Muhaimin Iskandar, Ketum PKB dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah megisi ruang-ruang billboard.

Billboard  berbagai ukuran itu sudah menyebar di sudut-sudut kabupaten/kota di Jawa Timur.

Sebelumnya, billboard serupa sudah dilakukan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani saat menyambut Idul Fitri dan berlanjut hingga saat ini.

Ketua Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto juga meramaikan di sudut-sudut kabupaten/kota di Jawa Timur.

Hanya saja, billboard Prabowo itu semarak saat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Tidak berlanjut sampai saat ini.

Gambar Gus Muhaimin banyak terpasang seperti mengikuti billboard Puan Maharani.

Pemasangan billboard Gus Muhaimin sengaja dipasang untuk road to 2024.

Salah satu gambar Gus Muhaimin itu terpajang di kawasan Gunungsari, Surabaya. Wajah Gus Muhaimin menunggangi vespa dan berisi pesan ‘Semut Ijo. Goes To 2024 Muhaimin Iskandar (Gus Ami)’.

Sedangkan gambar Gus Muhaimin di Buduran, Sidoarjo bertuliskan pesan ‘Padamu Negeri Kami Berbakti. Gus Muhaimin 2024’.

Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi mengatakan billboard Muhaimin Iskandar yang ada di Jatim merupakan bentuk sosialisasi menuju 2024.

“Kita sosialisasi saja, road to 2024, intinya Gus AMI (Abdul Muhaimin Iskandar) for 2024,” ujar Fauzan kepada detikcom, Selasa (3/8/2021).

Fauzan menjelaskan billboard Cak banyak dipasang di Jatim. Di antaranya di kawasan Surabaya Raya (Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik). Fauzan menyebut pihak yang memasang baliho adalah para relawan.

“Itu bukan dari DPW, tapi dari relawan-relawan (yang memasang). Bahkan ada yang dari pengusaha reklame, kita dikasih. Kalau kita DPW dan DPC pas Idul Adha saja,” ungkapnya.

“Yang pasti intinya road to 2024, kan sosialisasi gak ada yang ngelarang. Pemanasan untuk 2024,” pungkas Fuzan.

Hal senada juga gambar Airlangga Hartarto yang berisi pesan ‘KERJA UNTUK INDONESIA. AIRLANGGA HARTARTO 2024’.

Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji mengakui pemasangan billboard ketumnya bertujuan untuk mengenalkan Airlangga ke masyarakat. Namun, tidak semata-mata untuk kepentingan politik.

“Karena Ketua Umum harus dikenalkan juga ke masyarakat,” ujar Sarmuji kepada detikcom, Selasa (3/8/2021).

Sarmuji membantah billboard Airlangga Hartarto di Jatim khususnya di Surabaya bertujuan untuk sosialisasi Capres 2024. Ia menyebut pesan yang disampaikan adalah mengawal periodisasi kepemimpinan pemerintah saat ini hingga tahun 2024, bukan ajakan yang bersifat politik.

“Kami tidak digerakkan oleh instruksi. Kami digerakkan oleh kesadaran. Lagian format Billboardnya secara implisit adalah ajakan untuk bekerja mengawal periodisasi kepemimpinan hingga 2024. Saya berfikir ini ajakan normatif bukan ajakan yang bersifat politik,” terang Sarmuji.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan baliho dan spanduk Puan dipasang oleh pihaknya dan para relawan. Sebab, selain sebagai Ketua DPP PDIP, Puan juga merupakan tokoh nasional.

“Kami ya pasang, kemudian relawan-relawan juga pasang. Kami DPD juga masang. Karena apa? Karena beliau juga tokoh nasional,” ujar Untari kepada detikcom, Senin (2/8/2021).

Untari menambahkan pemasangan baliho dan spanduk Puan Maharani merupakan instruksi dari hasil keputusan rapat kerja daerah (rakerda). Adapun pemasangannya dilakukan serentak di seluruh wilayah Jatim.

“Beliau kan sebagai ketua DPR RI memiliki tanggungjawab nasional untuk ikut men-support masyarakat yang sedang sakit. Makanya kan jaga iman, jaga imun, amin gitu ya,” kata Untari.

“Dan itu adalah bagian dari cara kita men-support masyarakat. Karena kan tokoh-tokoh negara kalau ikut menentramkan rakyatnya kan orang akan menjadi senang,” tandas Untari. (**)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *