Jamaah Haji Mulai Tiba di Mekkah

  • Bagikan
Jamaah Haji Mulai Tiba di Mekkah
Pemerintah Arab Saudi membatasi 60 ribu Jamaah Haji yang bisa menunaikan Rukun Islam kelima pada tahun 2021. Sejak Sabtu kemarin para jamaah mulai melaksanakan ribuan dengan tawaf awal mengelilingi kakbah.(cnnindonesia)

matajatim.id-Pemerintah Arab Saudi mulai menggelar penyelengaraan ibadah haji 1442 H pada Sabtu (17/7/2021).

Media Arab Saudi seperti dikutip kempalan dari Anadolu Agency melaporkan, ibadah haji tahun 2021 jumlah kuota dibatasi hanya 60 ribu jamaah dan dikhususkan bagi warga Arab Saudi dan ekspatriat yang sudah menetap di sana.

Sebanyak 327 WNI yang berada di Arab Saudi tercatat sebagai Jamaah Haji 2021.

“Mereka adalah WNI yang selama ini sudah menetap di Arab Saudi dan ikut mendaftar sebagai calon jemaah sesuai prosedur yang diberlakukan Saudi,” terang Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, Jumat (16/7/2021).

Sejak Sabtu kemarin, para Jamaah Haji mulai tiba di kota suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji, salah satu dari lima rukun Islam bagi yang mampu.

Menurut Arab News, pihak berwenang Arab Saudi menugaskan lebih dari 500 pekerja untuk melayani jamaah saat  melakukan tawaf awal hingga memasuki lokasi masjid.

Disebutkan, Ibadah Haji 2021 dengan peserta yang dipilih, lebih besar dari versi yang diperkecil pada tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19 tetapi secara signifikan lebih kecil dibandingkan dengan waktu normal.

Tahun lalu, otoritas Saudi membatasi kuota Jamaah Haji hanya 10.000 orang  karena pandemi.

Pada 2019, sekitar 2,4 juta orang melakukan haji, menurut perkiraan resmi. (**)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *