Dahlan Iskan Mengenang Harmoko

  • Bagikan
H Harmoko

matajatim.id-Kabar Harmoko meninggal dunia pada hari Minggu (4/7/2021) pada pukul 20.22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto.

Innalillahi wa innailaihi rojiun telah meninggal dunia Bpk. H. Harmoko bin Asmoprawiro pada hari Minggu 4 Juli pada jm 20:22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau dan mohon doanya insya Allah beliau husnul khotimah. Aamiin YRA,” demikian pesan yang diterima redaksi Mata Jatim.

Banyak testimoni untuk mengenang almarhum saat menjadi Menteri Penerangan dengan istilah yang sangat populer  “sesuai dengan petunjuk bapak presiden”.

Dahlan Iskan, wartawan senior dan mantan CEO Jawa Pos memberi ulasan tentang almarhum Harmoko. Berikut tulisan yang dikutip dari situs, disway:

BELIAU begitu loyal kepada Pak Harto. Setiap memberi keterangan pers selalu didahului dengan kata-kata ”sesuai dengan petunjuk bapak presiden”.

Itulah ”predikat” yang melekat pada Pak Harmoko: ”menteri petunjuk”. Hebat sekali. Presiden Soeharto begitu percaya pada beliau: menjadi menteri penerangan 14 tahun, menjadi Ketua Umum Golkar, menjadi Ketua DPR/MPR.

Padahal beliau itu sipil. Bukan pula sarjana apalagi profesor –seperti umumnya menteri saat itu. Beliau wartawan yang kemudian menjadi pengusaha pers.

Wartawan itu sulit diatur. Beliau, ternyata, juga orang yang begitu tegar melengserkan Pak Harto.

Memang, demo mahasiswanya yang luar biasa: menduduki gedung DPR/MPR. Sampai bermalam di situ. Mereka menuntut Pak Harto mundur. Ekonomi negara memburuk.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *