Dalang Ki Manteb Wafat

  • Bagikan
Dalang Ki Manteb Wafat
Ki Manteb Sudarsono (grid.id)

matajatim.idSOLO-Kabar duka datang dari dunia pewayangan Tanah Air. Dalang kondang Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia pukul 09.45 WIB, Jumat (2/7/2021).

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Sampun kapundut wonten ngarsanipun gusti Allah SWT, alm Bp. Ki H manteb soedarsono (dalang manteb) Pukul 09.45 WIB,” papar informasi di grup whatsapp.

Ki Manteb Soedharsono lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948, berusia 72 tahun saat meninggal.

Dia adalah seorang dalang wayang kulit ternama yang dari Jawa Tengah. Karena keterampilannya dalam memainkan wayang, ia pun dijuluki para penggemarnya sebagai Dalang Setan.

Dahlan Iskan menulis secara utuh kepergian Ki Manteb, berikut ulasannya:

RUMAH sakit untuk Pak Mantep sebenarnya sudah oye! Jumat pagi kemarin RS di Karanganyar sudah siap merawat dalang terkemuka itu. Terlambat. Belum lagi disiapkan untuk berangkat, Ki Mantep Sudarsosno meninggal dunia. Jenazah dimakamkan saat itu juga. Di pemakaman Covid-19.

Di mana beliau terkena Covid?

Tentu misterius. Tapi Jumat pekan lalu Pak Mantep masih makan sop iga di Solo. Lalu berangkat naik mobil ke Jakarta: mobil Alphard warna hitam. Enam orang ada di mobil itu. Termasuk Bu Mantep.

Keesokan harinya Pak Mantep latihan. Lengkap bersama timnya dari Solo. Seperti pentas beneran. Mulai jam 11.00 sampai jam 21.00.

Di tempat latihan itulah pentas sebenarnya dilakukan besok malamnya: di Gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Gedung utama di situ. Dengan AC sentral yang sangat dingin.

Pak Mantep pentas bukan di lapangan terbuka. Pak Mantep sempat merasa kedinginan.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *