Surabaya Darurat Covid, Wali Kota Rekrut Relawan Covid

  • Bagikan
Ajak Warga Surabaya Halal bi Halal Virtual
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi

matajatim.idSURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya mengaku keteteran menangani lonjakan wabah virus corona yang menimpa warga Surabaya.

Sejumlah Rumah Sakit di Surabaya overload. Termasuk sejumlah tenaga medis juga ikut terpapar covid.

Karena itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berinisiatif menjaring relawan covid sebagai upaya menekan angka kasus corona di Kota Surabaya.

Berdasar data Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya, kasus kumulatif positif Covid-19 di Kota Pahlawan per 30 Juni 2021 mencapai 25.397 orang. 23.381 di antaranya kasus dinyatakan sembuh dan 617 kasus aktif atau dalam perawatan.

“Hari ini saya sampaikan dan umumkan bahwa Surabaya sudah dalam keadaan genting melawan Covid-19. Kalau kita melihat BOR di rumah sakit, sudah hampir ter-okupansi 100 persen,” kata Eri di Balai Kota Surabaya, Rabu (30/6).

Eri bercerita, ada salah satu rumah sakit di Surabaya yang tidak bisa lagi menerima pasien, lantaran para tenaga kesehatannya positif terpapar Covid-19.

Eri ingin memutus mata rantai penularan Covid-19 melalui kedisiplinan warga yang dibantu oleh relawan

Rekrutmen relawan covid dibukanya untuk umum yang langsung mengisi formulir di website Pemkot Surabaya.

Bagi relawan yang diterima harus menjalani tes swab terlebih dahulu. Jika hasil negatif maka calon relawan akan diberikan vaksinasi dan barulah resmi menjadi anggota relawan.

“Untuk daftarnya, kami akan buka di internet, jadi nama-nama juga sudah masuk dan terbuka bagi kawan-kawan yang ingin mendaftar,” ucapnya.

Menurut Eri, sistem cara kerja para relawan turun ke lapangan, ke kampung-kampung untuk mengawasi dan menegakkan protokol kesehatan serta jam malam.

“Kami meminta kepada seluruh lapisan masyarakat di Surabaya agar terketuk pintu hatinya dan bergabung dengan kami bersama-sama lawan Corona,” harapnya.

Redho, Mata Jatim

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *