Sadad Ketua Gerindra Jatim, Pengamat: Langkah Jitu DPP Gerindra

  • Bagikan
Anwar Sadad Pimpin Gerindra Jatim
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyerahkan SK kepada Anwar Sadad, di Jakarta, Selasa (22/06/2021). (Foto for Mata Jatim)

matajatim.id-SURABAYA-Anwar Sadad resmi ditetapkan sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Timur melalui Surat Keputusan (SK) DPP Gerindra, Selasa (22/6/2021).

Pengamat Politik dari Alvara Research Center, Harry Nugroho, menilai keputusan DPP Partai Gerindra yang mendefinitifkan Anwar Sadad sebagai langkah jitu menyambut Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024.

Sebab, Anwar Sadad sebagai simbol politisi santri yang berkelindan dengan geopolitik Jawa Timur.

“Kita tahu, Anwar Sadad itu putra kiai. Dari keluarga pesantren tertua di Jawa Timur, yaitu Pesantren Sidogiri,” terang Harry mengomentari penetapan Anwar Sadad sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Timur.

Katanya, pemilih di Jawa Timur memiliki karakter khas antar wilayah. Berbeda dengan pemilih provinsi lain di Indonesia.
Untuk meningkatkan suara pemilih partai di Jawa Timur, sambung Harry dibutuhkan jaringan luas, soliditas yang kuat dan citra partai yang baik.

Pengamat politik dan peneliti alvara Research center, Harry Nugroho

Anwar Sadad menurut Harry, sebagai politisi yang lahir di pesantren dan putera dari seorang kiai tentu memahami karakter masyarakat Jawa Timur yang hetrogen.

“Pak Sadad sejak belia sudah ditempa di dunia pesantren. Tradisi pesantren yang merakyat dan akomodatif melekat dalam pribadi Anwar Sadad. InsyAllah bisa memberikan solusi-solusi nyata bagi kebesaran Partai Gerindra untuk meningkatkan raihan suara,” paparnya.

Dari segi pengalaman panjang Anwar Sadad di dunia politik juga tak luput dari amatan Harry.

Dikatakan, sejak umur 29 tahun Anwar Sadad sudah menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. Kenyang di politik, Sadad dinilai sangat memahami pola komunikasi politik di daerah basis pemilih nahdliyin dan basis pemilih nasionalis.

Suara Pemilu Gerindra Jawa Timur pada tahun 2019 menjadi partai pemenang setelah PDI Perjuangan dan PKB. Dengan selisih kursi yang ketat di DPRD Jawa Timur.

Gerindra Jatim Mulai Panasin Mesin
H Anwar Sadad

“Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anwar Sadad sebagai nakhoda baru di Gerindra Jawa Timur. Apakah bisa menyalip suara PKB dan PDI-P atau tertinggal jauh dari kedua partai itu. Kita lihat pada Pemilu 2024,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sejak November 2020. DPP Partai Gerindra menunjuk Anwar Sadad sebagai Plt Ketua DPD Gerindra Jawa Timur.

Penunjukan Plt itu setelah Ketua DPD Gerindra Jatim, Soepriyatno meninggal pada 6 Oktober 2020.

Sebelum menjabat Plt Ketua DPD Gerindra Jatim. Anwar Sadad menjadi Sekretaris DPD Gerindra Jatim sejak 2015.

Sehari setelah menerima SK Ketua DPD Gerindra Jatim dari Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Pada hari, Rabu (23/6/2021), Sadad menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Soepriyatno di Kota Depok, Jawa Barat.

Setelah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Gerindra Jatim sejak akhir tahun 2020, Anwar Sadad saat ini resmi menjadi memimpin Partai Gerindra Jawa Timur.

Dalam SK DPP Gerindra itu menunjuk Anwar Sadad sebagai ketua DPD Gerindra Jatim. Sekretris Kharisma Febriansyah, Bendahara Muhammad Fawaid.

Hartono, Mata Jatim

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *