Gus Thoriq: Khofifah Cukup Satu Periode

  • Bagikan
Khofifah Cukup Satu Periode
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik 17 Kepala Daerah di Jatim hasil Pilkada 2020. Salah satunya Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, mantan Cagub Jatim 2018 (FOTO:Pemprov Jatim)

matajatim.idSURABAYA-Memasuki tiga tahun kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa menjabat Gubernur Jawa Timur. Para pendukung setia saat di Pilgub Jatim 2018 mulai angkat suara.

Salah satu pendukung itu ada Gus Thoriq dengan nama lengkap KH Thoriq bin Zaid bin Darwis, Pengasuh Ponpes Babussalam, Kabupaten Malang.

Gus Thoriq-panggilan akrabnya-mulai menilai kualitas kepemimpinan Ibu Khofifah dalam memimpin Jawa Timur.

Katanya, memasuki tahun ketiga sebagai gubernur. Kondisi Jawa Timur tidak semakin baik. Tidak cepat dalam merespons kebutuhan masyarakat. Bahkan Ibu Khofifah dinilai melakukan pembohongan publik terkait klarifikasi pesta ultahnya di Grahadi.

“Bukti video itu kan kuat. Rakyat Jatim melihat itu terjadi dan ada, kenapa harus ngeles (mengelak), kenapa tidak diakui saja dan mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik. Begitu kan lebih baik, daripada menghindar dan membikin-bikin alasan yang itu semakin menyudutkan beliau ke posisi yang tidak baik,” terangnya seperti dikutip barometerjatim.com, Kamis (3/6/2021).

Gus Thoriq mengaku sengaja mendukung Khofifah saat Pilgub Jatim 2018 daripada mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul), karena Khofifah bisa memberi harapan besar untuk menyejahterakan masyarakat sekaligus menciptakan kedamaian di Jatim.

“Kami ada harapan besar untuk Bu Khofifah. Mudah-mudahan beliau bisa mengamankan Jatim dengan sangat damai. Saya percaya, dengan sentuhan beliau Jatim betul-betul bisa maju.”

Namun, setelah Khofifah resmi menjabat Gubernur Jawa Timur. Gus Thoriq mulai mencium gelagat yang beda sejak sebelum menjabat.

Karena itu, dalam berbagai kesempatan, Gus Thoriq secara tegas melontarkan pernyataan: Khofifah cukup satu periode memimpin Jatim.

Gus Thoriq juga tak sejalan dengan pernyataan Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, KH Asep Saifuddin Chalim yang mendorong Khofifah maju di Pilpres 2024.

“Saya tidak mendukung kedua-duanya (maju Pilpres maupun Pilgub Jatim 2024), cukup satu periode saja Jatim. Dan kalau bisa tidak nyapres atau Cawapres lah, karena beliau tidak akan dipilih. Sebaiknya beliau itu menjadi guru Muslimat NU saja,” tegas Gus Thoriq.

Halim, Mata Jatim

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *