Napak Tilas Gerindra di Hari Lahir Pancasila

  • Bagikan
Gerindra di Hari Lahir Pancasila
Sekjend DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani, Plt Ketua DPD Gerindra Jawa Timur H Anwar Sadad beserta rombongan saat berziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar tepat di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.
matajatim.idSURABAYA-Tepat di Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021. Pengurus DPD Gerindra Jawa Timur bersama pengurus DPP Partai Gerindra berziarah ke makam Bung Karno, Kota Blitar, Jawa Timur.
Sebelum berziarah ke makam proklamator RI. Senin (31/5/2021), rombongan berziarah ke makam Pahlawan Nasional KH Wahab Hasbullah di Tambakberas, Desa Tambakrejo, Kabupaten Jombang.

Sehari sebelumnya, pada Minggu (30/5/2021), mereka bersilaturahmi ke sejumlah para kiai di Pondok Pesantren di Jawa Timur.

Seperti ke KH Abdul Ghofur, Pengasuh Ponpes Sunan Drajat, Paciran, Lamongan. Lalu silaturahmi kepada KH Asep Saifuddin Chalim, Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto. Kemudian menuju KH Mahfud Syaubari, Pengasuh Ponpes Riyadhul Jannah, juga di Pacet.

Napak tilas ini sengaja dilakukan dilakukan sejumlah pengurus DPP Partai Gerindra bersama pengurus DPD Gerindra Jawa Timur menyambut Hari Lahir Pancasila.

Tampak dalam rombongan Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra H Ahmad Muzani dan Plt Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Kepada wartawan, Muzani mengaku sudah lama menanti momen dan waktu yang tepat untuk berziarah ke makam sang proklamator pada hari Lahir Pancasila.

“Saya ingin datang ke sini karena saya belum pernah datang ke Kota Blitar. Yang kedua saya ingin datang ke sini di momen dan waktu yang tepat, yakni tanggal 1 Juni. Dan sudah lama saya niatkan pada 1 Juni,” ujar Muzani kepada wartawan usai berziarah, Selasa (1/6/2021).

Menurutnya, peran Bung Karno dalam pembangunan dan wawasan terhadap Bangsa Indonesia sangat mendalam. Hal itu terbukti dengan landasan keberagaman yang dicetus Bung Karno dalam ideologi Pancasila.

“Yang paling penting adalah kita menjaga keutuhan Pancasila, persatuan dan menjaga kebhinekaan. Karena tidak ada negara besar tanpa persatuan, tidak ada negara besar tanpa keutuhan,” imbuhnya.

Usai berziarah ke makam Bung Karno, Muzani juga berkunjung Rumah Dinas Wakil Wali Kota Blitar Ir Tjutjuk Sunario. Sederet arahan ia sampaikan kepada Tjutjuk yang sukses meraih kursi wakil wali kota dari Partai Gerindra.

Muzani mengaku cukup senang bisa berziarah ke makam Bung Karno. Menurutnya, hal itu adalah momen yang sangat langka.

“Saya cukup senang bisa berziarah ke makam Bung Karno dengan semua keluarga Partai Gerindra di Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kediri. Ini adalah sesuatu yang membahagiakan,” ungkap dia.

Halim, Mata Jatim

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *