Novi Basuki, Lulusan Pesantren Kuliah di China & Penulis Buku Islam di China

  • Bagikan
Lulusan Pesantren Kuliah di China & Penulis Buku Islam di China
Novi Basuki saat tampil di Podcast Disway Dahlan Iskan. (matajatim)

matajatim.idNovi Basuki jadi perbincangan netizen setelah tampil di podcast disway. Kehadiran Novi di podcast Abah Dahlan dinilai netizen seperti memberi pencerahan baru tentang negara China.

Banyak komentar netizen di kolom podcast disway.

Rata-rata netizen mengaku kagum atas sosok Novi. Karena Novi lulusan Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo. Dia asal suku Madura yang lahir di Situbondo.

Sejak tahun 2010, Novi kuliah strata satu di Huaqiao University mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok yang hanya ditempuh tiga tahum.

Lalu melanjutkan program magister di Xiamen University jurusan Hubungan Internasional terkait Hubungan Tiongkok dan Asia Tenggara.

Pada program doktoral, Novi melanjutkan di Sun Yat-sen University dengan jurusan Politik Internasional. Disertasi yang sedang ditulis Novi dengan bahasa mandarin.

Novi angkatan pertama lulusan Ponpes Nurul Jadid Probolinggo yang menggunakan beasiswa dari pemerintah China (Chinese Government Scholarship).

Selama kuliah di China, Novi produktif menulis tentang China yang dimuat di media cetak nasional seperti kompas dan jawa pos. Juga media daring, seperti mojok.co, historia.id, kumparan.com, tirto.id, dan detik.com.

Tulisan Novi yang tersebar di berbagai media itu, dikumpulkan dalam satu buku berjudul Ada Apa dengan China yang terbit 2019.

 

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *