Antara Khofifah dan Habib Rizieq

  • Bagikan
Ultah Khofifah dan Keramaian Habib Rizieq
Gubernur Khofifah dan Habib Rizieq (matajatim)

Catatan: Dhimam Abror Djuraid

matajatim.id-Ulang tahun Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (19/5), viral, jadi heboh, dan mendapat respons dan komen dari berbagai kalangan.

Warganet ramai riuh redah mengomentari acara yang dilakukan di rumah dinas gubernur itu.

Sekdaprov Heru Tjahjono sudah pasang badan dengan mengatakan acara itu adalah ‘’surprise party’’ yang tidak diketahui oleh Khofifah, dan murni inisiatif Heru.

Meskipun itu surprise party tapi dipersiapkan dengan baik, karena ada dress code hitam-hitam dan ada katering dengan berbagai menu.

Khofifah juga sudah meminta maaf, meskipun dengan banyak catatan.

Tapi, api tidak mudah padam. Malah sebaliknya, makin berkobar dan menjadi amunisi politik untuk menyerang Khofifah, sampai ada yang menuntut Khofifah mundur dari jabatannya.

Publik dan warganet belum bisa menerima bahwa acara itu ‘’tidak sengaja’’. Mana ada acara tidak sengaja. Begitu komen seorang warganet. Selamat ultah, Bun, pestanya ramai, ya, ada kerumunan. Sindir warganet lainnya.

Ada juga komen yang pedas. Ultah gubernur boleh sampai malam, kita yang buka warung cari makan diobrak dengan alasan jam malam. Kata seorang warganet yang masygul.

Seorang warganet lainnya menyindir, kalau mau melanggar prokes dan tetap aman ya jadilah pejabat rezim, atau paling tidak, jadi pendukung rezim.

Pemerintah Provinsi Jatim sudah membuat klarifikasi bahwa acara itu bukan pesta. Sekdaprov sudah pasang badan, dan Khofifah sudah minta maaf.

Tapi, persoalaannya bukan sekadar soal penerapan prokes. Ini soal sense of crisis, sense of empathy, dan sense of justice.

Bagaimana elite harus merasakan bahwa suasana masih serba prihatin, bagaimana elite harus merasakan penderitaan warga karena krisis pandemi ini, dan elite juga harus memberi contoh bahwa semua orang harus diperlakukan sama di depan hukum.

 

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *